301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

BADGE KOSTRAD

Dengan mempelajarinya Badge KOSTRAD diharapkan prajurit  baru KOSTRAD punya gambaran sehingga punya rasa bangga serta kecintaan terhadap satuannya.

Dalam kisah pewayangan perang Bharatayuda adalah perang saudara antara Pandawa dan Kurawa di tegal Kurusetra, dalam perang tersebut Arjuna sebagai putra panengah Pandawa naik kereta dengan kusirnya Prabu Kresna yang sekaligus sebagai penasehatnya Pandawa.

Kresna punya senjata pamungkas yang tidak sembarangan waktu keluarnya, tapi kalau sudah keluar tidak ada satu prajuritpun yang mampu mengalahkan kesaktiannya, yaitu ”Cakra” senjata cakra ini dijadikan inspirasi sebagai lambang ”KOSTRAD”.

Dalam sejarah lain dikisahkan bahwa lambang ”Cakra” sudah ada sejak zaman purbakala sebagai lambang negara, yang mempunyai makna yang tangguh dan tegas dalam menjalankan kewajibannya.

Cakra juga diyakini sebagai senjata astuti yang secara lahiriah sebagai juru selamat yang ampuh yang dapat digunakan sebagai senjata budi.

Cakra diyakini juga sebagai ”Sapta agni” lambang senjata yang menentukan dimana tujuh gigi yang berupa obor melambangkan tujuh pedoman TNI adalah yang meliputi kekuatan, kesaktian dan keabadian sapta marga.

Sedangkan lingkaran dalam dihiasi dengan bunga teratai berdaun  lima  melambangkan kebenaran, kesucian dan keagungan Pancasila sekaligus menunjukan kekuatan persatuan.

Berdasarkan SKEP MEN / PANGAD No. KPTS-1084/9/1963 tgl 14 Sep 1963 disahkanlah Badge  ”DARMA PUTRA KOSTRAD”.Badge berbentuk segi lima sebelah atas tertulis huruf ”DARMA PUTRA’di tengah-tengahnya berupa sapta agni dengan dasar bungan  teratai  berputik lima berdaun  tujuh. Huruf  ”Darma Putra” berwarna kuning  atas dasar hitam sedangkan”Sapta Agni” dengan landasan bunga teratai berwarna kuning atas dasar merah.

Tulisan ”Darma Putra” adalah sebutan dari sekelompok putra-putra terbaik bangsa dalam kerajaan Majapahit.

Darma Putra sendiri mempunyai makna keagungan dan kepahlawanan Maha Putra Bhayangkari negara dan bangsa pada zaman keemasan kerajan Majapahit.

Dalam sejarahnya Darma Putra merupakan putra-putra patriotik yang menjunjung tinggi keberanian, kebenaran dan keadilan dalam mewujudkan peratuan dan kesatuan Bangsa di zaman kejayaan Majapahit. Maha Patih Gajah Mada merupakan salah satu putra terbaik bangsa pada waktu itu.

Pataka KOSTRAD ”DARMA PUTRA’ merupakan kebanggaan    bagi      setiap  warga     KOSTRAD       yang melambangkan suatu jalinan berbagai unsur kejiwaan yeng meliputi segi-segi kebulatan tekad, setia kawan ,punya mental,moral yang dikehendaki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kuning adalah bukti cahaya keagungan dan kejayaan yang melambangkan sifat keterampilan dan kebijakan untuk sempurnanya suatu negara.

Merah berarti keunggulan, kemenangan, keberanian, kecintaan yang menunjukan sifat-sifat keperwiraan berani karena benar, cinta kepada pengabdian terhadap bangsa dan negara.

Hitam berarti ketenangan dan ketabahan yang abadi, melambangkan ketangguhan  dan keuletan dalam membela kebenaran dan keadilan.

Berdasarkan lambang/Badge Kostrad serta tujuan pokok Kostrad sejak berdirinya hingga sekarang yang merupakan unsur tempur / alat pemukul  strategis, penegak keadilan dan kebenaran , oleh karena itu sesuai dengan tugas dan fungsinya, maka ditetapkanlah motto (sesanti) Kostrad yaitu  “YUDHA NIRBAYA BHAKTI”.

“YUDHA” berarti perang ’NIRBAYA’ berarti mara  bahaya,   sedangkan  ”BHAKTI’ berarti pengabdian, amal kebajikan. Sehingga dari sesanti tersebut dapatlah diartikan bahwa :”tugas-sebagai prajurit Kostrad adalah melenyapkan nafsu angkara murka seluruh musuh, baik dari dalam maupun dari luar negeri serta mewujudkan cita-cita rakyat , bangsa dan negara yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.”

Demikianlah ringkasan penjelasan Badge /  motto Kostrad Darma Putra, diharapkan sebagai bahan pengenalan satuan Kostrad  terhadap prajurit yang baru masuk satuan Kostrad sehingga dapat menumbuhkan kecintaan , semangat kebersamaan, disiplin, kesetiaan sebagai bhayangkari dan bangsa.

 

BREVET ”CAKRA”

Keterangan

  1. Bintang
  2. Bunga Teratai
  3. Cakra
  4. Api
  5. Tulisan “Cakra”

Ukuran

  1. Lebar :     45 Mm
  2. Tinggi :     47 Mm

Warna

  1. Bahan PDH dan PDU : Warna Gold/kuning terbuat dari bahan logam (Tembaga) sesuai gambar. Bertuliskan Cakra berwarna merah marun.
  1. Bahan PDL :     Dibordir dengan benang berwarna hitam.

Makna tanda Kualifikasi/Brevet Cakra Satuan Kostrad

  1. “Bintang” Sebagai dasar Falsafah NKRI. Setiap prajurit membela dan mempertahankannya.
  1. “Bunga Teratai” Lambang landasan kekuatan dari pada Pancasila dan Sapta Marga.
  1. “Cakra” Lambang senjata yang menentukan dimana tujuh gigi yang berupa obor merupakan tujuh pedoman TNI yang meliputi beriman, dicintai rakyat dan mematikan.
  2. “Api” Semangat prajurit Kostrad dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya menjaga kedaulatan NKRI selalu berkobar dan tidak pernah padam.
  3. Tulisan “Cakra” menggambarkan satuan Kostrad.

Demikian Ihtisar sejarah Kostrad, ringkasan penjelasan Badge /  motto Kostrad Darma Putra dan Brevet Kostrad, diharapkan sebagai bahan pengenalan satuan Kostrad  terhadap prajurit yang baru masuk satuan Kostrad sehingga dapat menumbuhkan kecintaan , semangat kebersamaan, disiplin, kesetiaan sebagai bhayangkari dan bangsa.

 

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.