301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

(Penkostrad. Jumat, 17 Mei 2019).  Tim  Contingent Owned Equipment (COE)/Operational Readiness Inspection (ORI)  United Nation Intern Force In Lebanon (UNIFIL) melaksanakan pemeriksaan terhadap kesiapan operasi dan perlengkapan utama yang dimiliki Satgas Batalyon (Yon) Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-M di Lebanon, baru-baru ini.

Komandan Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-M Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya menyampaikan apresiasinya terhadap Tim COE/ORI yang  secara kooperatif dalam melaksanakan inspeksi disatuannya. “Kami akan terus berusaha berbuat yang terbaik sesuai standar operasi yang ditentukan oleh UN (United Nation)/Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).” tegasnya.

Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya juga menyampaikan rasa bangganya dan terima kasih kepada seluruh personel Satgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL yang telah bekerjasama dan selalu disiplin serta bertanggung jawab dalam menggunakan seluruh alat-peralatan dan fasilitas yang menjadi tanggung jawab perorangan maupun kelompok, sehingga seluruh perlengkapan yang ada selalu dalam kondisi yang siap pakai sesuai dengan standar PBB.

Kegiatan pemeriksaan dimaksudkan untuk memastikan kesiapan operasi dan peralatan utama seluruh kontingen yang tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian di Lebanon sudah sesuai dengan standar operasi yang ditentukan PBB.

Pemeriksaan dilaksanakan setiap triwulan yang berlangsung selama 2 hari (13-14 Mei 2019) oleh Tim COE/ORI UNIFIL dipimpin oleh Mrs. Veronica bersama 12 orang stafnya, diawali dengan melaksanakan pemeriksaan terhadap kompi-kompi luar Satgas, kompi Bravo yang berada di UNP 7-3, kemudian ke Kompi Alfa di UNP 9-63 dan dilanjutkan ke UNP 9-15 sebagai pos akhir pemeriksaan.

Tim COE/ORI melaksanakan pemeriksaan  ke Markas Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-M/UNIFIL yang berada di UNP 7-1 Adchit Al Qqusayr dan dilanjutkan ke kompi Carlie  yang berada di UNP 9-2.

Materi pemeriksaan dibagi kedalam dua bagian yaitu Major Equipment dan Self Sustainment. Untuk Major Equipment meliputi kendaraan tempur, kendaraan ringan, kendaraan pendukung operasional, alat berat zeni, alat observasi, kontainer, senjata dan munisi, generator, alat kesehatan, serta peralatan anti huru-hara.  Khusus untuk pemeriksaan kendaraan mulai dari kelengkapan kendaraan, sistem persenjataan, dan sistem pengereman untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemeriksaan Self Sustainment meliputi pelayanan catering, perlengkapan kantor, alat komunikasi, listrik, fasilitas hiburan,  pemeliharaan bangunan, laundry, dan kelengkapan serta kebersihan lingkungan, yang tentunya sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan seluruh peacekeeper dalam melaksanakan tugasnya.

Selama kegiatan pemeriksaan Tim COE/ORI selalu didampingi oleh seluruh perwira staf sesuai dengan bidangnya masing-masing dan para Komandan Kompi yang dikoordinir oleh Wadan Satgas Yon Mekanis TNI Mayor Inf Abdul Samad dan Kasilog Mayor Tek Edy Nurdiansyah selaku penanggung jawab seluruh materiil.

Sementara itu Ketua Tim COE/ORI UNIFIL Mrs. Veronica menyampaikan secara garis besar puas dengan hasil kerja sama yang dilaksanakan selama pelaksanaan inspeksi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Satgas yang sudah menunjukkan kerja sama yang baik selama pelaksanaan inspeksi dan dapat berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tetap jalin komunikasi sehingga kita dapat segera mengantisipasi setiap kekurangan yang mungkin terjadi,” tutur ketua tim Mrs Veronica yang berkebangsaan Perancis.

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.