Kakostrad

MAYJEN TNI CUCU SOMANTRI

KASKOSTRAD

Mayor Jenderal TNI Cucu Somantri saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Strategis Angkatan Darat (Kaskostrad). Ia lahir pada tanggal 5 November Maret 1961 di Bandung, Jawa Barat, lalu mengikuti pendidikan di Akademi Militer pada tahun 1980. Setelah lulus pada tahun 1984 ia mengawali karir militernya sebagai Perwira di Batalyon Infanteri 744/ Satya Yudha Bhakti Kodam IX/Udayana.

Selama 32 tahun pengabdiannya di militer, ia telah bertugas di berbagai posisi komando dan staf di Jawa Barat dan Jawa Timur, Sumatera Utara dan juga Timor Timur. Pengalaman tugasnya di satuan tempur mencakup beberapa jabatan, mulai dari Komandan Peleton (Danton), Komandan Kompi (Danki) dan Perwira seksi intelijen (Pasiintel) sejak berpangkat Letnan Dua hingga Kapten di Batalyon Infanteri, hingga menjabat Komandan Batalyon (Danyon) dengan pangkat Letnan Kolonel.

Selama menjalani karir militernya, Mayjen TNI Cucu Somantri juga mengikuti beberapa pelatihan khusus dan kursus seperti para, airborne, dan air assault.       Selain itu, ia juga sempat menjalani penugasan di bidang intelijen sebagai Kabinda Sumut, dibidang pelatihan dan pendidikan di beberapa lembaga pendidikan TNI AD meliputi  Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif), dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Sebagaimana perwira pada umumnya, ia juga pernah menjalani beberapa jabatan di satuan kewilayahan seperti Komandan Rayon Militer (Danramil) Komandan Kodim (Dandim) dan Komandan Korem (Korem).

Pada tahun 2014, Mayjen TNI Cucu Somantri di dipercaya untuk menjabat sebagai Kasdam 1/Bukit Barisan. Tidak lama setelah itu, pada tahun 2015, jabatan terakhir yang diembannya sebelum menjabat sebagai Kaskostrad  adalah Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geo Strategi dan Ketahanan Nasional, Lemhanas. Selanjutnya pada tanggal 20 Mei 2016, ia secara resmi dipercaya sebagai Kaskostrad.

Mayjen TNI Cucu Somantri menikah dan memiliki tiga anak,  beliau memiliki pengalaman yang luas di lapangan selama berkarir di militer, MayjenTNI Cucu Somantri sangat yakin bahwa profesionalisme militer akan terus maju dan berkembang. Berangkat dari kualitas kepemimpinan satuan dan integritas sebagai dasar, TNI akan selalu berjuang untuk berkembang dan menuntut pengabdian dan tindakan terbaik dari seluruh prajurit.