Jakarta.  Prajurit Kostrad yang berasal dari satuan Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 9/Lang Lang Bhuwana membantu masyarakat dalam merenovasi Sekolah, Mesjid, MCK dan saluran untuk mendukung kebutuhan air bersih yang bertempat di Kampung Cilember, Desa Lebak Muncang Kecamatan Ciwidey, Kab. Bandung Jawa Barat. Kamis (05/01/2023).

Menurut Informasi yang diperoleh dari masyarakat yang bernama Bapak Darwin Sutendi yang meruapak ketua yayasan MI Baitulgofur bahwa di Kampung tersebut hanya ada satu sekolah yang memiliki 2 (dua) kelas namun digunakan oleh 70 orang siswa dari Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah. Dari pusat perkantoran Kabupaten Bandung perjalanan ditempuh kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan roda dua. Untuk menempuh ke sekolah lain terdekat berjarak 5 Km dengan biaya ongkos 30 ribu rupiah.

Akibat minimnya akses pendidikan tersebut sejumlah anak-anak harus rela belajar bergantian dengan kondisi sekolah yang kurang layak untuk dipergunakan. Namun keresahan itu sedikit sirna setelah Yon ZIpur 9/Lang Lang Bhuwana melakukan upaya renovasi sekolah, MCK dan saluran air bersih. Lokasi Kampung Cilember merupakan lokasi yang dekat dengan daerah latihan Kostrad di Ciwidey sehingga tidak perlu waktu lama setelah melakukan survey, Kostrad melalui Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad langsung mengerahkan satuan Zipur 9/Lang Lang Bhuwana untuk membantu kesulitan masyarakat tersebut.

Danyonzipur 9/Lang Lang Bhuwana berharap dengan perbaikan sekolah, mesjid, MCK dan pembuatan saluran air dengan sistem pompa hidram ini bisa bermanfaat dan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. (Penkostrad).