Jakarta. Dalam rangka menyambut HUT Ke 61 Kostrad, Prajurit Kostrad ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya yang dilaksanakan di Ruang Mandala, Markas Kostrad, Gambir, Jakpus. Rabu (2/3/2022).

Kegiatan donor darah dalam rangka menyambut HUT Ke-61 Kostrad ini diselenggarakan oleh Kesehatan Kostrad yang berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)      Jakarta Pusat.

Para Prajurit yang ikut mendonorkan darahnya berasal dari Jajaran Balak Kostrad yang berada di wilayah Jabodetabek dengan jumlah peserta sekitar lebih kurang 200 orang prajurit dikarenakan ada pembatasan jumlah mengingat masih dalam masa Pandemi Covid-19 agar tidak terjadi kerumunan.

Sebelum melaksanakan donor darah, para pendonor dicek Hemoglobin dan tekanan darahnya sebagai syarat dapat melaksanakan kegiatan donor darah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu juga petugas PMI melakukan pengecekan darah untuk mengetahui darah tersebut bisa atau tidak didonorkan. Dari Jumlah Peserta yang hadir hanya 147 kantong darah yang bisa terkumpul, karena ada beberapa orang yang belum memenuhi syarat untuk bisa donor.

Kepala Kesehatan Kostrad Kolonel Ckm dr. Shohibul Hilmi, Sp.OT (K) mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan yang sangat mulia, karena setetes darah yang disumbangkan akan sangat berarti bagi kesehatan seorang pasien, bahkan dapat menyelamatkan jiwa seseorang. Inilah wujud nyata dari kepedulian Kostrad dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan darah. (Penkostrad).