Jakarta.   Setelah sekian lama vakum dalam dunia Panjat Tebing, dengan hanya berbekal waktu latihan yang singkat, Tim Panjat Tebing Yonif 305 Kostrad kembali menunjukkan taringnya dalam ajang “Sukabumi Wall Climbing Competition 2023” yang diselenggarakan di GWK Adventure, Sukabumi, Jawa Barat. Selasa (14/112023).

Tak butuh waktu lama bagi Pasukan Tengkorak Kostrad pimpinan Letkol Inf Ardiansyah untuk kembali berprestasi. Apabila sebelumnya Pasukan Tengkorak Kostrad sukses mengibarkan benderanya dalam ajang Lomba Judo dan Lomba Menembak, kali ini giliran Tim Panjat Tebing yang berkesempatan mengibarkan bendera Tengkorak dalam ajang lomba panjat tebing yang diselenggarakan di Halaman GWK Adventure, Sukabumi.

Lomba yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) ini, setidaknya diikuti oleh hampir 70 orang peserta dari Wilayah Sukabumi dan juga sekitarnya. Tak tanggung-tanggung, 12 Orang atlet panjat tebing dari Yonif 305 Kostrad ikut serta dalam ajang perlombaan ini. Dan alhamdulillah, walaupun diikuti oleh hampir 70 orang peserta, Atlet Panjat Tebing Yonif 305 Kostrad masih dapat menunjukkan gaungnya dengan meraih medali Perak dan juga medali Perunggu dalam kategori Speed Klasik melalui kedua atletnya atas nama Pratu Samosir dan juga Praka Arif Taslim.

Sertu Sigit Parjoko, selaku Pembina Tim Panjat Tebing Yonif 305/Tengkorak sendiri tidak menyangka dengan waktu latihan yang sempit dan tidak banyak namun anak didiknya masih dapat meraih medali Perak dan juga medali Perunggu dalam ajang yang cukup bergengsi tersebut.

“Alhamdulillah, walaupun belum mendapatkan Posisi 1, kami selaku Pembina dari Tim Climber Yonif 305 Kostrad cukup bangga dengan perolehan yang diraih oleh anak didik kami. Biarpun sudah lama tidak bertanding karena memang tuntutan Tugas kami, anak didik kami masih dapat mengamankan posisi 2 dan posisi 3 dalam Kategori Speed Klasik. Dan kami berharap tentunya, dengan pengalaman yang berharga ini, kami dapat terus berkembang dan memberikan hasil yang lebih baik lagi,” ucap Sertu Sigit Parjoko.

Untuk diketahui, perjalanan yang dilalui oleh Pratu Samosir dan Praka Arif Taslim dalam mendapatkan medali tersebut tidaklah mudah. Mereka harus bertanding melawan atlet-atlet dari daerah-daerah yang telah lama berkecimbung di dunia Panjat Tebing. Letkol Inf Ardiansyah selaku Danyonif 305 Kostrad sendiri cukup puas dengan perolehan yang diraih oleh anak buahnya. Apalagi ini merupakan ajang panjat tebing pertama yang diikuti oleh anak buahnya setelah sekian lama vakum.

Mengapresiasi hal tersebut, Letkol Inf Ardianysah tentunya tak lupa memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada mereka yang telah berhasil mengharumkan nama satuan. Tak seperti biasanya, kali ini pemberian penghargaan dilaksanakan di Lapangan Basket Yonif 305/Tengkorak. Dihadapan seluruh pasukan yang lain, Pratu Samosir, Praka Arif Taslim, serta Sertu Sigit, selaku Pembina Tim Panjat Tebing diberikan penghargaan oleh Letkol Inf Ardiansyah sebagai bentuk apresiasi kepeda mereka.

Letkol Inf Ardiansyah tentunya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menjadi pemicu semangat bagi anggota yang lain untuk selalu berlomba-lomba dalam memberikan karya yang terbaik untuk satuan.

Selain memberikan penghargaan kepada prajurit yang berprestasi, Letkol Inf Ardiansyah juga mengingatkan kepada anak buahnya yang lain untuk sama-sama menjaga momentum yang sudah berjalan baik saat ini.

“Saya minta hari ini kita sama-sama jaga marwah, harkat dan martabat satuan kita yang makin hari makin menggelegar di luar sana. Apa yang kita lakukan itu efeknya sangat luar biasa. Jangan sampe nanti kita sudah memulai seperti ini, kita sudah bagus, orang ngikutin kita, nanti malah kita yang turun. Kemudian yang masih kurang, kita evaluasi, jangan takut, jangan malu dikoreksi, karena sayapun sama, saya ngobrol, kumpul, sama rekan-rekan itu, saya minta dikoreksi apa yg kurang dari saya. Jadi biar semua itu berjalan dengan bagus. Tidak ada yang sempurna, jauh dengan sempurna, tapi kita berusaha jadi lebih baik. Tetap Semangat, Kostrad!,” ucap Letkol Inf Ardiansyah menutup rangkaian acara malam hari itu.

Besar harapan apa yang telah dilakukan oleh Pasukan Tengkorak Kostrad saat ini dapat terus dijadikan pemicu semangat bagi satuan-satuan yang lain untuk dapat terus memberikan karya-karya terbaiknya tidak hanya bagi TNI tetapi juga bagi Indonesia. Jaya selalu Pasukan TNI dimanapun berada. (Penkostrad).