Jakarta. Karya bakti TNI melalui gotong royong dan kerja bakti dalam rangka susur sungai dengan membersihkan tumpukan sampah dan ranting serta semak belukar dilakukan di Desa Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (09/11/2023).

Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti Mayor Arm Ady Kurniawan M. Han., dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Kecamatan Badau. Mengatakan Karya Bakti pembersihan bantaran sungai ini, untuk membersihkan sampah dan rumput liar yang mengganggu aliran sungai, ini dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya.

“Sungai perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, agar tidak terjadi banjir pada saat musim penghujan akibat adanya penumpukan sampah,” ujar Danstagas.

Selain itu, lanjutnya, aliran sungai ini juga dibutuhkan bagi para petani untuk mengairi sawah dan biasa di pakai untuk mandi, sehingga perlu adanya perawatan dan pembersihan secara rutin.

“Adanya kegiatan karya bakti ini sekaligus untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, akan kepeduliannya terhadap lingkungan,” jelas Dansatgas.

Dansatgas mengharapkan kegiatan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk terus menerus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.

Kepala Desa Badau Bapak Sukimin menyampaikan terima kasih kepada anggota satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 / Bradjamusti dalam gotong royong ini.

” Kami sangat berterimakasih pada Bapak TNI dan TDM yang telah rela membantu warga kotor- kotoran. Kami sangat Bangga kepada Bapak TNI , semoga TNI selalu dicintai rakyat,” ujar Kades Badau. (Penkostrad).