Jakarta. Batalyon Kavaleri 1 Kostrad melaksanakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) bertempat di Kantor Posbindu PTM Yonkav  1  Kostrad, Cimanggis, Depok. Senin, (03/01/2022).

Danyonkav 1 Kostrad Letkol Kav I.F. Andi Yusuf Kertanegara mengatakan bahwa kegiatan Posbindu PTM ini merupakan salah satu bentuk upaya pengendalian pengendalian penyakit tidak menular (PTM) seperti Diabetes, Hipertensi, Obesitas, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

“Kegiatan Posbinduini dilaksanakan setiap awal bulan kepada prajurit secara bergiliran. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat serta menurunkan resiko kejadian Penyakit  Tidak Menular bagi prajurit beserta keluarga”, tegas Danyonkav 1.

Sementara itu, dr.Adetia Maharani selaku kader Posbindu PTM Yonkav 1 Kostrad menjelaskan Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan factor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan priodik. Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor  risiko PTM. (Penkostrad).