Jakarta. Yonif Raider 509/BY Kostrad menggelar kegiatan pembinaan kesiapan Aparat Non Komando Kewilayahan bagi para prajuritnya dengan Tema “Melalui kegiatan Binsiap Apnonkowil kita tingkatkan peran aparat Satnonkowil guna mewujudkan TNI AD yang terlatih, profesional dan manunggal dengan rakyat”, bertempa di Aula GSG ,  Jember, Jawa Timur, Kamis (27/05/2021).

Dari pelaksanaan Binsiap Apnonkowil ini adalah untuk menyiapkan aparat satuan Non Kowil dalam melaksanakan tugas Binter meskipun secara terbatas untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Aparat Non Kowil yang dapat berinteraksi dengan keadaan situasi dan kondisi masyarakat wilayah Binaan serta memahami situasi dan kondisi lingkungan, hubungan sosial masyarakat dan permasalahannya, adat istiadat serta budaya yang ada di wilayahnya.

Dalam kegiatan tersebut yang bertindak selaku pemberi materi adalah Kapten Cba Sardi Danramil 0824/11 Sumbersari dimana prajurit diberi pembekalan materi tentang sikap Teritorial bagi aparat Non Kowil, lima kemampuan Teritorial dan metode binter.

“Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat tidak bisa dilakukan secara “instan” namun harus “konstan” dipersiapkan secara dini agar senantiasa terpelihara semangat bela negara, kesiapan Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam dan Buatan maupun komponen lainnya yang tercakup dalam bagian Sishanta. Salah satu cara untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat adalah dengan kegiatan Pembinaan Teritorial,” ungkap Danyonif Raider 509/BY Kostrad Letkol Inf Syafrinaldi, S.E., (Penkostrad).