Jakarta. Komandan Detasemen Markas Divif 1 Kosrad Letkol Inf Widi Rahman, S.H., M.Si. Secara resmi menutup kegiatan karya bakti bedah rumah tidak layak huni (RTLH) di Kp. Bedahan Kel. Pabuaran Mekar Kec. Cibinong. Sabtu (27/11/2021)

Dalam sambutannya, Komandan Detasemen Markas, program karya bakti kali ini melaksanakan perehaban rumah tidak layak huni,  karya bhakti ini merupakan salah satu Binter yang merupakan pelibatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara dalam membantu penyelenggaraan kegiatan kemanusiaan untuk menangani masalah-masalah sosial dan kemanusiaan atas permintaan instansi terkait dan atau inisiatif sendiri.

Digelarnya karya bakti ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat, selain itu juga guna meningkatkan kerjasama dan melestarikan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat sehari-hari serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Letkol Inf Widi Rahman, S.H., M.Si.  menjelaskan bahwa, TNI selalu bersama rakyat dalam suka dan duka. Saat ini rumah Sdr. Nur Markim kondisinya jauh dari kata layak dan tidak memenuhi standar kesehatan untuk ditempati, kondisi rumah sudah tua, banyak bocor sehingga bila hujan turun air dan masuk kemana – mana.

“Berdasarkan pertimbangan tersebut,  pada tahun ini program karya bakti dilaksankan untuk merehab rumah Sdr. Nur Markim yang berprofesi sebagai pengumpul sampah masyrakat di Asrama Divif 1 Kostrad Cilodong Depok,” kata Letkol Inf Widi Rahman, S.H., M.Si.

Lebih lanjut, disampaikan dalam pengerjaannya TNI mengajak masyarakat untuk saling bergotong royong bahu membahu agar cepat selesai, harapannya dengan adanya karya bakti bedah rumah ini kedepannya tidak ada lagi rumah yang kondisinya memprihatinkan.

“Semua bergerak saling membantu maka upaya Pemerintah mengentaskan dari permasalahan rumah tidak layak huni akan cepat tercapai,” ujarnya.

“Di masa pandemi Covid-19 ini kita juga harus tetap menjaga disiplin protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran, mudah mudahan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut guna memperkokoh sinergitas antara TNI dan masyarakat sehingga tercipta kemanunggalan yang kokoh dan tercapai tugas pokok TNI.” Pungkas Letkol Inf Widi Rahman, S.H., M.Si.

Bapak Nur Markim selaku pemilik rumah mengucapkan terima kasih banyak kepada TNI, kususnya Denma Divif 1 Kostrad yang telah merehab rumah menjadi lebih baik dan layak sehingga nyaman dihuni,” ucap Nur Markim.  (Penkostrad).