Jakarta. Denpandutaikam Brigif Para Raider 3 Kostrad bersama Sat Brimob Polda Sulsel untuk kesekian kalinya  menggelar latihan selam bersama yang dilaksanakan di kepulauan Putiangin, Desa Lasitae Kecamatan Tanete, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Minggu (10/10/2021)

Sebelum para personel melaksanakan kegiatan selam, para personel sudah mendapatkan pelajaran teori tentang selam dasar dan langkah-langkah yang diambil apabila terjadi keadaan darurat saat menyelam, tahapan penggunaan perawatan sampai pada pengenalan signal diving.

Pelaksanaan latihan selam bersama antara Denpandutaikam dan Sat Brimob Sulsel ini menyelam di kedalaman 3 sampai 20 Meter dalam rangka pelestarian habitat laut dengan menanam terumbu karang dan dilaksanakan pula pengibaran bendera lambang Kabupaten Barru.

Menurut Wadandenpandutaikam Brigif PR 3  Kostrad Kapten Inf Dian Nur Huda mengatakan, bahwa garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI adalah TNI Polri. Untuk itu, maksud dan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka membekali anggotanya kemampuan menyelam untuk menjadi yang terlatih.

“Karena, bedanya anggota yang terlatih, manakala siap digerakkan kapanpun, dimanapun dan dalam situasi apapun dengan kesiapsiagaan, loyalitas, dedikasi, kemampuan dan profesional yang dimiliki.

Dengan adanya latihan selam bersama ini dapat menjadi pedoman personel, demi kelancaran pelaksanaan tugas khususnya pelaksanaan tugas di bawah air.

“Melalui pelatihan ini dapat menjalin sinergitas antara TNI-Polri di lapangan, meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan para personel sekaligus guna mendukung pelaksanaan tugas yang diemban secara profesional dan proporsional,” tutupnya. (Penkostrad).