Jakarta. Sebanyak 269 anggota Denma Brigif Raider 9 Kostrad menggelar olah raga lari bersama dilanjutkan acara “Kembul Bujono” di halaman pohon trembesi Markas Brigif Raider 9 Kostrad, Jember. Senin (21/06/2021).

Dandenma Brigif Raider 9  Kostrad, Kapten Inf Didit Aprian Rahmandita, S.E., memimpin langsung kegiatan olahraga bersama dengan diawali pemanasan dan dilanjutkan dengan lari bersama.

Usai melaksanakan olahraga, personel melaksanakan kegiatan “Kembul Bujono” yang merupakan istilah dari makan bersama dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Diikuti oleh seluruh anggota Denma Brigif Raider 9  Kostrad, duduk bersila di halaman bawah pohon trembesi, berdoa, lalu menikmati makanan tradisional berupa nasi urap sayur mayur dan lauk pauk (megono).

Kembul Bujono sendiri merupakan tradisi atau kebiasaan masyarakat Jawa yang bermakna menjalin silaturahim serta menjaga rasa kekeluargaan terhadap sesama

Dandenma, Kapten Inf Didit Aprian Rahmandita, S.E., ikut berbaur dengan para anggotanya dalam acara yang baru pertama digelar di lingkungan Brigif Raider 9 Kostrad itu. Menurutnya, acara ini bertujuan untuk menambah kekompakan antar anggota, saling menguatkan dalam menjalankan tugas mengamankan negara dan mengayomi masyarakat.

Terlebih menghadapi situasi bangsa yang belakangan lebih berdinamika ini. “Para personel membutuhkan energi yang lebih untuk menghadapi situasi sekarang ini, saya sebagai komandan harus menjaga mereka dengan menciptakan keakraban untuk melaksanakan tugas secara bersama-sama,” kata Dandenma.

Dandenma selalu menekankan kepada anggotanya bahwa mereka bekerja tidak sendiri. Tugas di lapangan yang berat akan terasa ringan jika dipikul bersama-sama. “Meski pangkat berbeda, hal itu hanya ada di organisasi saja. Karenanya, saya tidak mau dipisah-pisahkan dimana perwira, dimana bintara, kita sama-sama melakukan tugas demi tercapaianya tugas pokok TNI AD,” tegas dia. (Penkostrad).