Jakarta. Anggota Polisi Militer (PM) Subdenpom III/3-5 Majalengka melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen baik kendaraan sepeda motor maupun mobil dinas serta kondisi kendaraan anggota Yonif R 321/GT yang merupakan aplikasi dari kegiatan Ops “Gaktib Polisi Militer TNI AD “Waspada wira kujang” tahun 2021 di wilayah hukum Subdenpom lll/3-5 Majalengka. Rabu (24/02/21).

Kegiatan yang dipimpin langsung Danunit 1 Gakkumwal Subdenpom III/3-5 Mjl, Peltu Endro G. mengecek  kelengkapan kendaraan serta data pribadi anggota Yonif Raider 321 Kostrad antara lain, SIM (SIM TNI dan umum), STNK Dinas dan pribadi) serta Kartu Tanda Anggota. Selain itu pengecekan kondisi kelengkapan kendaraan seperti rem, kaca spion, lampu depan baik, lampu jauh, lampu reting kiri dan kanan, lampu rem, serta helm pengaman kepala.

Peltu Endro G, menegaskan pemeriksaan operasional gaktib dalam satuan yang dilakukan Subdenpom III/3-5 Majalengka bertujuan melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat dan kelayakan kendaraan yang digunakan anggota Yonif R 321 Kostrad. Hal itu penting agar tidak ada lagi permasalahan yang terjadi karena tidak lengkapnya kendaraan prajurit anggota Yonif R 321 Kostrad saat terjadi razia.

Terpisah, Danyonif R 321/GT Mayor Inf Octavian Englana P. menuturkan jika kegiatan pengecekan yang dilakukan Subdenpom III/3-5 Majalengka ini perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi serta pelaksanaan pam tubuh di Yonif Raider 321 Kostrad. Pengecekan dilakukan secara rutin dan berkala yang bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh anggota Yonif R 321 Kostrad memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan yang harus dimiliki, STNK, dan SIM jika sudah selesai masa berlakunya segera diperpanjang.

“Tujuan pelaksanaan pemeriksaan adalah untuk mengecek kendaraan dan kelengkapannya sehingga anggota TNI dapat memberikan contoh tertib dan disiplin dijalan raya kepada masyarakat,” ujar Mayor Octavian (Penkostrad).