Jakarta. Prajurit Yonif Para Raider 503 Kostrad melaksanakan latihan ground training dalam rangka mempersiapkan fisik guna mendukung latihan terjun penyegaran statik TA 2021, bertempat di Lapangan Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 503 Kostrad, Mojokerto, Senin (12/07/2021).

Pelaksanaan ground training ini dilaksanakan sebagai salah satu dari tahapan yang wajib dilakukan oleh setiap para penerjun yang sudah memiliki kualifikasi PARA, personel yang akan melaksanakan terjun baik free fall maupun terjun statik.

Tujuan dilaksanakan latihan ground training ini adalah guna melatihkan dan mengingat kembali tahapan dalam proses penerjunan, serta memperkuat bagian-bagian tubuh serta meminimalisir terjadinya cedera saat proses exit pesawat hingga proses mendarat sehingga terciptanya zero accident.

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan hingga hari pelaksanaan terjun penyegaran, adapun materi yang dilatihkan pada saat ground training meliputi, perkuatan kaki, proses exit, mengatasi kesulitan darat, proses mengemudikan payung serta hal-hal yang perlu dilatihkan hingga pengepasan payung yang akan digunakan.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Para Raider 503  Kostrad Letkol Inf Roliyanto, S.I.P., M.I.P., di sela-sela latihan menyampaikan dengan melaksanakan latihan ground training ini diharapkan seluruh prajurit dapat memelihara kemampuan dan kesiapan dalam rangka pelaksanaan terjun penyegaran.

“Ikuti instruktur dan pelatih, perbanyak latihan penguatan kaki yang berguna sebagai tumpuan utama pada saat mendarat, teknik pelipatan dan latihan prosedur penerjunan,” ujar Danyon. (Penkostrad).