Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memberikan pengarahan kepada 95 Perwira Remaja baru yang masuk satuan Kostrad, bertempat di Executive Lounge, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Kamis (29/9/2020).

Sebelum menerima pengarahan, para Perwira Remaja baru berkesempatan berkeliling memasuki Museum Darma Bhakti Kostrad dan menerima penjelasan dari Penanggung jawab Museum Kapten Infanteri Dodi tentang sejarah Kostrad.

Dalam pengarahannya, Pangkostrad mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di satuan Kostrad. Kalian adalah prajurit yang terbaik dari yang terbaik sehingga kalian masuk Kostrad. Saya bangga dengan kalian,” ujar Pangkostrad.

“Sebagai seorang Perwira harus mempunyai wawasan luas dengan selalu membaca dan belajar. Dihadapkan dengan perkembangan zaman saat ini, dengan pertempuran Modern tentunya Perwira harus mempunyai skill yang harus tetap terjaga dan harus terus diasah diantaranya kemampuan fisik, menembak, taktik dan dril serta mental pengabdian,” ucap Pangkostrad.

Ditegaskan Pangkostrad, selain mempunyai skill yang terjaga, Perwira juga harus mempunyai karakter pemimpin dengan cara:

  1. Mengajari anggota agar faham perkembangan Teknologi dan Lingkungan strategis.
  2. Belajar dan menambah pengetahuan serta tingkatkan kemampuan bahasa Inggris.
  3. Bentuk forum diskusi dan tidak otoriter terhadap anggota.
  4. Pemimpin sebagai contoh yang baik dan pemimpin yang melayani bukan dilayani.
  5. Sebagai Perwira harus menerapkan Reward and Punishment jangan hanya salah satunya.
  6. Para Perwira harus selalu menjadi penyemangat anggota, salah satunya dalam memperoleh Prestasi walaupun dengan melalui proses dan perjuangan yang panjang. Tentunya dengan semangat dan motivasi yang tinggi kemudian ditularkan kepada anggota.

Diakhir pengarahannya, Pangkostrad mengajak kepada seluruh Perwira agar bekerja dengan hati. Dengan bekerja setulus hati segala sesuatu akan menghasilkan hal yang baik. Apabila sedang bertugas fokus dan lakukan dengan hati maka segala sesuatunya akan berhasil dan mengasilkan hal yang bermaanfaat bagi sekelilingnya. (Penkostrad).