Jakarta. Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kaskostrad), Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad  didampingi Waaster Kaskostrad Kolonel Inf Shofanudin, bersama Direksi PT Amerta Tani Maju meninjau langsung lokasi Lahan Ketahanan Pangan Kostrad yang akan ditanami Wijen dan padi Japonica di  Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kamis (16/2/2023).

Tinjau lahan dilanjutkan dengan pembukaan Pembekalan dan Keterampilan (BEKTRAM) budidaya Wijen, pengenalan budidaya Wijen, tanya jawab dan praktek lapangan tata cara penanaman Wijen dihadiri oleh Kaskostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi oleh Direktur Utama PT Amerta Tani Maju Thiono, Komisaris Utama Dinnah Tanuhardja, dan Audit intern Nyoto Adi Susanto, juga dihadiri Kelompok Tani Ketahanan Pangan Sukabumi, Ciamis, Pangandaran dan Tasikmalaya.

Pada kesempatan tersebut Direktur Tehnik PT. Amerta Tani Maju Bapak Djoko Ardhityawan menjelaskan dan mempraktekkan budidaya tanam padi Japonica.

Puncak acara dalam kegiatan ini yaitu perjanjian kerjasama antara Kostrad bersama PT. Amerta Tani Maju ditandatangani oleh Asisten Teritorial (Aster) Kaskostrad Brigjen TNI Joko Hadi Susilo disaksikan oleh Kaskostrad Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad di Markas Kostrad, Gambir Jakarta Pusat. Jum’at (17/2/2023).

Aster Kaskostrad Brigjen TNI Joko Hadi Susilo menyampaikan bahwa Satuan Kostrad melaksanakan Program kegiatan Teritorial Ketahanan Pangan dalam rangka penguatan Binter dengan menanan Wijen dan padi Japonica.

Sementara itu tujuan dilaksanakannya Ketahanan Pangan untuk membantu terwujudnya Program Pemerintah dalam rangka Ketahanan Pangan serta peningkatan kesejahteraan kelompok tani dan masyarakat sekitar sehingga tercipta Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Pembekalan dan Keterampilan merupakan langkah awal yang perlu diketahui oleh personel Kostrad dan kelompok tani yang tergabung dalam Satgas Ketahanan Pangan Kostrad. Dengan harapan kegiatan ini akan menambah pengetahuan, keterampilan dan teknik dalam budi daya tanaman Wijen dan Japonica Rice,” tambah Aster. (Penkostrad).