Jakarta.  Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono secara resmi menutup Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD tersebar jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad TA 2020 bertempat di Markas Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, Jum’at (25/09/2020).

Penutupan Apel Dansat TNI AD tersebar jajaran Divif 1 Kostrad dihadiri Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Dedy Kusmayadi, Ir Divif 1 Kostrad Brigjen TNI Fajar Budiman, S.I.P. Kasdivif 1 Kostrad Brigjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr (Han), Asops Kaskostrad Brigjen TNI Susilo, para Asisten Kasdivif 1 Kostrad, Danbrigif Para Raider 17/1 Kostrad, Danmenarmed 2/1 Kostrad dan Kasbrigif R 13/1 Kostrad serta Komandan Batalyon, Komandan Kompi, Komandan Peleton satuan jajaran Divif 1 Kostrad.

Pada Apel Dansat kali ini mengambil tema, “Melalui Apel Dansat Tersebar Divisi Infanteri 1 Kostrad Tahun 2020, Kita Kembangkan Inovasi dalam Menciptakan Prajurit Kostrad yang Memiliki Fisik Prima, Mahir dalam Gerakan Perorangan, Bermanuver, Bernavigasi Darat, Menembak dan Bela Diri Cakra dalam rangka Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok Kostrad”.

Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan bahwa Apel Dansat merupakan suatu hal yang sangat positif bagi satuan, untuk membangun profesionalisme dasar keprajuritan dan sangat membantu para Komandan Satuan dalam memimpin dan menyelesaikan tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks.

“Peran kepemimpinan dalam organisasi adalah pemecah masalah dan pengambil keputusan cepat, tepat dan tuntas. Karena menjadi seorang pemimpin merupakan bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah. Seorang pemimpin harus satu kata dengan perbuatan karena pemimpin sejatinya itu “Follow me,”  ujar Pangkostrad.

Lebih lanjut Pangkostrad mengharapkan terwujudnya Komandan Satuan yang berkarakter, berwawasan kebangsaan, profesional serta dicintai rakyat.

“Banyak Perwira yang berprestasi di lembaga pendidikan, namun gagal dalam memimpin satuannya, salah dalam menerapkan kepemimpinan di lapangan karena pada hakikatnya yang menjadi ukuran bukan seberapa hebat dirimu tetapi seberapa hebat anggotamu,” tambah Pangkostrad.

Pada akhir pengarahannya, Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono  mengajak segenap prajurit untuk tetap menjaga kekompakan, meningkatkan motivasi kerja dan fokus pada kehidupan yang baik dan tidak melakukan pelanggaran.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Piala Hasil Lomba BDM di Aula Prakasa Divif 1 Kostrad. (Penkostrad).