Jakarta. Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Senior dan Kata Piala Menpora yang digelar di GOR Kartika Divisi Infanteri 1 Kostrad, Cilodong, Depok, Minggu (28/8/2022), resmi berakhir dengan Juara Umum Kontingen dari PJSI DKI Jakarta.

Kerjurnas yang mempertandingkan Kategori Putra dan Putri serta Kata (Nageno Kata) ini ditutup oleh Panglima Kostrad (Pangkostrad) yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Dalam sambutannya Ketum PB PJSI Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menyampaikan, Kejurnas Judo Senior dan Kata Piala Menpora Tahun 2022 merupakan ajang pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan serta sebagai pengumpulan poin menuju PON XXI/2024, di Aceh – Sumatera Utara, selain itu juga sebagai wahana untuk menyiapkan atlet Judo yang andal untuk menghadapi multi event yang lebih bergengsi seperti SEA Games 2023 di Kamboja serta Asian Games di Guang Zhou, China.

Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. berpesan kepada para Pejudo, agar berlatih lebih giat lagi dalam mempersiapkan diri menghadapi event berikutnya.

“Satu hal lagi yang paling penting dengan terselenggaranya Kejurnas Judo Piala Menpora tahun 2022, kita telah memberikan kesempatan kepada para atlet Judo untuk meningkatkan kemampuan serta raihan prestasi yang membanggakan,” tutur Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi atas tergelarnya Kejurnas Judo Piala Menpora 2022.

“Semoga keberhasilan kegiatan kejuaraan ini dapat dijadikan pedoman bagi peningkatan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sejenis dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

Pada Kejurnas Judo Senior dan Kata Piala Menpora 2022 ini, juara Umum Pertama diraih oleh Kontingen dari Pengprov PJSI DKI Jakarta dengan torehan empat medali emas, lima medali perak dan tujuh medali perunggu sehingga berhak mendapatkan Piala Menpora tahun 2022, juara umum kedua diraih Pengprov PJSI Jawa Barat dengan perolehan tiga medali emas, lima medali perak dan delapan medali perunggu dan juara umum ketiga diraih Pengprov PJSI Papua dengan perolehan tiga medali emas dan satu perunggu.

Untuk atlet terbaik putra berhasil diraih Judoka Dewa Kadek Rama (Kelas -66 Kg) dari Provinsi Jawa Barat dan Judoka Terbaik Putri diraih oleh Helena Susyen (Kelas -78 Kg) dari Provinsi Sumatera Utara. Selain mendapatkan tropi, medali, dan sertifikat para juara juga mendapatkan uang pembinaan.

Sementara itu, pada kejuaraan ini Kontingen Pengprov Papua mampu mencuri perhatian pada kejuaraan ini setelah sapu bersih di tiga kategori KATA, yaitu  Nage No Kata (Putra), Ju No Kata (Putri) dan Goshin-Jutsu.

Diakhir acara penutupan, Ketum PB PJSI Letjen TNI Maruli Simanjutak membagikan door prize berupa seperangkat Pakaian Judo kepada Judoka yang beruntung.

Hadir pada penutupan Kejurnas Judo Piala Menpora, Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Ketua Umum Komite Olimpade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Wakil Ketua Umum PJSI Irjen Pol. (Purn) M. B. Hutagalung, Asren Kostrad Brigjen TNI Dr. Saripudin, Kasdivif 1 Kostrad Brigjen  TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar, para Asisten Kasdivif 1 Kostrad, para Pengurus Besar PJSI, perwakilan Kemenpora, Komite Olimpiade Indonesia, KONI Pusat serta tamu undangan dan peserta. (Penkostrad).