Jakarta. Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., selaku Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) resmi menutup Kejuaraan Nasional Judo Kasad Cup XIII yang dilaksanakan di Gor Kartika Divif 1 Kostrad, Cilodong. Minggu (27/3/2022).

Pelaksanaan penutupan diawali dengan pengalungan medali dan penyerahan piagam kepada para atlet peraih juara di semua kategori yang dipertandingkan, dilanjutkan penganugerahan sabuk kehormatan dan sertifikat Dan-7 kepada Pangkostrad selaku Ketua Umum PB PJSI oleh Ketua Dewan Guru Judo Internasional serta pemberian piagam penghargaan kepada atlet dan wasit terbaik.

Dalam amanatnya, Pangkostrad mengatakan bahwa melaui kejuaraan ini akan melahirkan pejudo-pejudo andal yang mampu berprestasi di tingkat internasional dalam waktu dekat ini, antara lain Asian Games XIX 2022 di Hangzhou, Tiongkok dan Sea Games XXXI 2022 di Vietnam. Selain itu, Kejurnas ini juga menjadi ajang pengumpulan poin menjelang gelaran PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024 mendatang.

“Oleh karena itu, saya menekankan agar terus berlatih keras dan tetap junjung tinggi nilai-nilai sportifitas,” ujar Pangkostrad.

Kejurnas Judo Kasad Cup XIII ini diikuti sebanyak 452 orang Pejudo dari 21 pengurus provinsi di Indonesia dengan mempertandingkan berbagai kategori pertandingan, baik pria maupun wanita. Untuk kategori perorangan, dibagi dalam kelas junior usia di bawah 15 tahun, kadet usia 12-14 tahun serta senior usia di atas 15-19 tahun. Sedangkan untuk kategori beregu ditandingkan dua kelas, yaitu Nageno Kata dan Juno Kata.

Dari hasil pertandingan, PB PJSI Pengprov DKI Jakarta keluar sebagai juara umum 1 dengan raihan 15 emas, 8 perak dan 6 perunggu, disusul PB PJSI Pengprov Jawa Barat sebagai juara umum 2 dengan perolehan 11 emas, 12 perak dan 10 perunggu dan PB PJSI Pengprov Bali sebagai juara umum 3 dengan hasil 8 emas, 5 perak dan 8 perunggu. (Penkostrad).