Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. menerima Kunjungan Kehormatan 3rd Division Commander AD Singapura BG Goh Pei Ming bersama LTC Koh Yingxue Deborah (Division Intelligence Officer), LTC Teo Poh Ming (Division National Service Affairs Officer) dan MAJ Chong Meng Siong, Samuel (Division Plans Officer) di Makostrad, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

Dalam kunjungan ini, Pangkostrad didampingi Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, S.I.P., Irkostrad Mayor Jenderal TNI Dian Sundiana, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Dandenma Kostrad dan Kabintal Kostrad.

Kegiatan kunjungan diawali dengan menerima penghormatan jaga dari Pos-1 dan hormat jajar dari Regu Jaga, melaksanakan foto bersama, mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad, penandatangan buku tamu, peninjauan kebun sayur dilanjutkan dengan Courtessy Call.

Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga karena telah dikunjungi 3rd Division Commander AD Singapura bersama rombongan.

Pangkostrad juga menjelaskan bahwa Kostrad adalah satuan terbesar di Indonesia, yang memiliki 3 Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari, dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto.

“Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja, kita juga berpartisipasi dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang), seperti membantu program pemerintah seperti saat ini di beberapa wilayah mengalami krisis air bersih, khususnya di wilayah pedalaman. Dalam situasi ini, Kostrad memberikan solusi dengan membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih,” ujar Pangkostrad.

“Adapun metode yang digunakan untuk menyalurkan air bersih yaitu Kostrad membangun titik sumber air bersih dengan cara melalui Pompa Hidram (Angkat air permukaan), sumur bor dan mengalirkan air (gravitasi) dengan pipa,” tambah Pangkostrad.

Pangkostrad juga menjelaskan kerjasama pertahanan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini merupakan wujud bukti semakin menguatnya hubungan antara kedua negara. Kegiatan kerjasama tersebut khususnya yang melibatkan satuan Kostrad antara lain dalam Latma “SAFKAR INDOPURA” tahun 2017 dan Latma Super Garuda Shield-16 Tahun 2022.

“Dalam waktu dekat, kita juga akan  melaksanakan kegiatan personel Exchange Program (PEP) antara Yonarmed 9 Kostrad  dengan HQ Singapore Artillery pada tanggal 24 – 29 Oktober 2022 di Indonesia dan diharapkan kerjasama antara TNI AD dengan AD Singapura akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya sehingga  dapat meningkatkan profesionalisme prajurit,” pungkas Pangkostrad.

Sementara itu 3rd Division Commander AD Singapura BG Goh Pei Ming mengatakan jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf.

Diakhir kegiatan, 3rd Division Commander AD Singapura bersama rombongan berkesempatan menyaksikan video profil Kostrad dan kegiatan kunjungan ditutup dengan pertukaran Cinderamata.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya  Atase Darat Kedubes Singapura di Jakarta COL Gene Tan, Asisten Atad Singapura di Jakarta ME3 Mandy, Paban V/Kermalat ASEAN Kol Inf C.K. Tehuteru,  Pabandya 1/Kerma Spaban V/Kermalat ASEAN Letkol Arm Irwansyah dan Pabanda-1/Kerma Spaban V/Kermalat ASEAN Mayor Inf Aditya (Penkostrad).