Jakarta. Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memimpin syukuran peringatan HUT Ke-61 Kostrad 2022 dilaksanakan secara serentak dan sederhana melalui Video Conference yang diikuti oleh seluruh jajaran Divif 1, 2 dan 3 Kostrad, bertempat di serambi kehormatan, Markas Kostrad, Gambir. Jakarta Pusat.  Senin (6/3/2022).

Kegiatan diawali dengan pemutaran video lintas sejarah Kostrad dilanjutkan dengan sambutan dari Pangkostrad. Dalam sambutannya, Pangkostrad mengucapkan selamat datang dan bangga kepada sesepuh Pangkostrad pada masanya yang sudah hadir dalam kegiatan Syukuran Peringatan HUT ke-61 Kostrad.

Pangkostrad menjelaskan jika acara peringatan HUT Ke-61 Kostrad ini mengambil tema ”Berjuang, Tangguh dan Profesional”.

“Tema ini secara tidak langsung merefleksikan niat, tekad dan semangat seluruh prajurit Kostrad untuk berbuat dan bekerja dengan lebih keras, lebih cerdas dilandasi dengan keikhlasan sehingga prajurit Kostrad menjadi semakin jaya, semakin besar dan semakin profesional dalam melaksanakan tugas pokok, serta setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujar Pangkostrad.

Sementara itu, mewakili sesepuh Pangkostrad pada masanya, Letnan Jenderal TNI (Purn) Tarub menyampaikan, bahwa perkembangan Kostrad sangat luar biasa, saya bangga pernah menjadi anggota Kostrad dan masih bisa berkumpul dengan prajurit Kostrad. Prajurit Kostrad agar tetap semangat dalam pengabdian dan selalu setia kepada negara dan bangsa. Selamat Hari ulang tahun Kostrad. Saya bangga kepada prajurit Kostrad.

Kegiatan syukuran HUT ke-61 Kostrad digelar dengan tujuan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan Kostrad, menanamkan semangat dan kebanggaan sebagai prajurit Kostrad dan menggugah prajurit Kostrad agar tidak melupakan jati dirinya sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Untuk mensyukuri HUT ke-61 Kostrad dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Pangkostrad dan diberikan kepada Prajurit Kostrad yang berprestasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab melalui Video Conference antara Pangkostrad dengan satuan jajaran baik yang sedang melaksanakan tugas di dalam maupun luar negeri serta berkomunikasi dengan warga yang berada di satuan jajaran Kostrad yang menerima manfaat dari program karya bakti dan bakti sosial yang digelar oleh Kostrad dan jajarannya.

Untuk diketahui, rangkaian peringatan HUT ke-61 Kostrad dilaksanakan beberapa kegiatan secara serentak, diantaranya kegiatan pembuatan sumur bor/pipanisasi air bersih untuk warga, memperbaiki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Purnawirawan/Warakawuri, karyabakti Pembersihan fasilitas umum dan tempat ibadah. Selain itu dilaksanakan juga kegiatan bakti sosial berupa donor darah, serbuan vaksinasi, pembagian Sembako, pemberian tali asih kepada prajurit Kostrad yang sakit, purnawirawan/pensiunan, pejuang yang berjasa besar bagi Kostrad dan tenaga kesehatan  serta pemberian santunan bagi para warakawuri.

Acara syukuran ini dihadiri para Pejabat Pangkostrad di masanya, antara lain Letnan Jenderal TNI (Purn) Tarub,  Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sugiono, Letnan Jenderal TNI (Purn) Jhony J. Lumintang, Letnan Jenderal TNI (Purn) Burhanuddin Amin, Letnan Jenderal TNI (Purn) M. Munir, Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Kriswanto dan Letnan Jenderal TNI (Purn) Besar Harto Karyawan. (Penkostrad).