Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., memberikan pembekalan kepada Satuan Tugas Kontingen Garuda (Satgas Konga) Unifil TA 2023 Yonif Mekanis 320 Kostrad, sebagai persiapan untuk tergabung dalam Satgas Luar Negeri TNI Konga Unifil TA 2023 (Indobat XXIII-Q) tahun 2023 di Mako PMPP TNI, Sentul, Bogor. Jawa Barat. Selasa (28/2/2023)

“Semua prajurit mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Satgas perdamaian tersebut melalui seleksi yang ketat, siapa yang terpilih seleksi hanya prajurit yang berprestasi,” kata Pangkostrad saat memberikan pengarahan kepada personel yang akan berangkat melaksanakan tugas negara sebagai pasukan perdamaian PBB di wilayah Lebanon.

Pangkostrad mengatakan, prajurit yang bergabung dalam Satgas Luar Negeri TNI Konga Unifil TA 2023 (Indobat XXIII-Q) tahun 2023 ini merupakan suatu kebanggaan dan menoreh prestasi dalam setiap penugasan merupakan maruah prajurit Kostrad. Karena hamper 99% Batalyon Kostrad yang melaksanakan tugas luar negeri selalu mendapatkan predikat terbaik dan menorehkan banyak prestasi.

“Saya ingin Batalyon Yonif Mekanis 320 Kostrad dapat mengikuti jejak Batalyon Kostrad lainnya yang sudah sukses dalam melanjutkan tugas keluar kalau perlu bisa melampauinya, meskipun Batalyon ini baru saja bergabung dengan Kostrad,” ujar Pangkostrad.

Pangkostrad berharap prajurit Batalyon Yonif Mekanis 320 Kostrad bisa menjalankan tugas negara ini dengan baik dan tetap menjaga kehormatan satuan, jangan ada pelanggaran sekecil apapun.

Untuk diketahui, nantinya Batalyon Yonif Mekanis 320 Kostrad akan bergabung dengan tiga matra yaitu TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU, yang semuanya menjadi satu kesatuan prajurit TNI selama bertugas menjaga perdamaian dunia di  Lebanon sekitar satu tahun.

Diakhir pengarahannya, Pangkostrad menekankan selama melaksanakan tugas disana selalu lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, kesungguhan, dedikasi dan disiplin yang tinggi serta selalu perhatikan faktor keamanan. (Penkostrad).