(Penkostrad. Jumat, 26 Januari 2018). Pangkostrad, Letjen TNI Agus Kriswanto mengikuti rangkaian kegiatan Apel Komandan Satuan (AKS) TNI 2018 yang dilaksanakan di Halim Perdana Kusuma. Kamis (25/1/2018).

Pangkostrad bersama dengan peserta AKS TNI lainnya, yang merupakan para Komandan Satuan di jajaran TNI baik Darat, Laut dan Udara begitu bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari senam pagi, pembersihan dilanjutkan sarapan pagi, dilanjutkan pengenalan Simulator, Popunas (Kohanudnas), kunjungan ke Museum Pangkalan TNI dan merasakan terbang dengan pesawat C-130.

Setelah merasakan terbang dengan pesawat C-130, Pangkostrad mendampingi Kasad untuk mengikuti upacara pemberangkatan Satuan Tugas Kesehatan TNI (Satgaskes TNI) untuk mengatasi masalah Gizi Buruk dan wabah penyakit Campak diwilayah Timika , Papua dan Papua Barat, di mana  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bertindak sebagai Inspektur Upacara. Setelah pelaksanaan upacara, para peserta AKS menuju Skadron Udara 17 untuk melaksanakan makan siang dan menerima pengarahan dari Panglima TNI.

Panglima TNI mengawali pengarahannya menyampaikan bahwa makna penting dari AKS TNI adalah silahturahmi Panglima TNI dengan seluruh Komandan Satuan TNI, terwujudnya semangat kebersamaan dan persatuan yang utuh, sekaligus wahana komunikasi yang efektif dalam memperkokoh sinergi dan soliditas TNI yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati sesuai dengan tema AKS TNI 2018, “Dilandasi Sinergitas, Soliditas dan Profesionalitas , TNI siap mengamankan Pilkada Serentak 2018 dan Tahapan Pemilu 2019 dalam rangka menjamin kelangsungan pembangunan Nasional”

Dalam pengarahannya, Panglima TNI juga menyampaikan adanya berbagai ancaman yang dewasa ini perlu mendapat perhatian yang serius dari komponen bangsa terutama TNI yakni ancaman Biologi (bio threats), ancaman Siber (cyber threats) dan  ancaman kesenjangan (inequality threats).

Di samping itu, dalam kesempatan AKS TNI 2018, dalam pengarahannya Panglima TNI juga menyampaikan Misi dan Visi Panglima TNI , 11 Program Prioritas dan Program Kerja 100 Hari Panglima TNI.

Terkait dengan Kostrad, di dalam Program Kerja 100 Hari Panglima TNI khususnya di bidang organisasi, Panglima TNI akan mewujudkan Divisi III/Kostrad, Pasmar III, Armada III, dan Koopsau III di wilayah Indonesia timur serta Pusada TNI.

Mengakhiri amanatnya Panglima TNI memberikan penekanan kepada seluruh Komandan Satuan TNI terkait Pilkada 2018 dan Pilpres 2019, di mana Politik TNI adalah Politik Negara, sehingga TNI harus tetap mempertahankan netralitas, jangan mudah terprovokasi dan jangan terpancing oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Setelah kegiatan pengarahan, Panglima TNI bersama seluruh peserta AKS TNI melaksanakan foto bersama yang juga merupakan akhir dari rangkaian kegiatan AKS TNI 2018.