Jakarta.   Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. menghadiri kemeriahan gelaran Final Piala Kasad Liga Santri 2022 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menutup perhelatan Sepak Bola Liga Santri Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) 2022. Liga Santri digelar dalam rangka Peringatan Hari Santri 2022 yang tahun ini mengusung tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Sebelum dilaksanakan penutupan, Pangkostrad sempat menyaksikan laga  Final Liga Santri dari tribun VIP bersama Menpora RI , Kasad Jenderal TNI  Dudung Abdurachman dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Berbagai atraksi memeriahkan laga final dan acara penutupan (Closing Ceremony) di antaranya terjun payung Free Fall, Display Genderang dan Seruling Canka Lokananta (GSCL) Taruna Akademi Militer, tarian kolosal yang diikuti 1000 peserta dan rampak gendang.

Ribuan penonton yang hadir, sangat antusias untuk menyaksikan Final Piala Kasad Liga Santri 2022. Tabuhan genderang tanpa henti diperdengarkan sebelum maupun selama berlangsungnya pertandingan.

Pada laga final Liga Santri tersebut mempertemukan antara Jabar I (Ponpes Salafiyah Al Falah) berhadapan dengan Jatim III (Ponpes Darul Huda Mayak). Pertandingan dimenangkan oleh Tim dari Jabar I dengan skor akhir 5-3 dengan adu pinalti.

Menpora menyampaikan pesan bahwa Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi gelaran Piala Kasad Liga Santri ini. Menpora juga menyampaikan bahwa Turnamen Piala Kasad Liga Santri akan kembali digelar pada tahun 2023.

“Ini adalah wujud nyata dan perhatian dari TNI AD terhadap pengembangan olahraga khususnya pengembangan sepakbola di tanah air,” ucap Menpora.

Lebih lanjut Ia mengatakan dirinya mendapat informasi bahwa, gelaran Liga Santri 2022 akan berlanjut terus. “Tadi saya dibisikan bahwa Liga Santri ini tidak hanya di tahun 2022 tetap Insyah Allah tahun depan juga akan dilaksanakan lagi,” katanya.

“Sekali lagi terima kasih saya ucapkan kepada Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang sudah memberikan semangat kepada sepakbola Indonesia dan juga kepada olahraga pada umumnya,” sambungnya.

Menpora berharap kegiatan keolahragaan seperti ini dapat diikuti oleh instansi lain. “Semoga ini akan diikuti oleh instansi yang lainya, sehingga olahraga bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemenpora saja tetapi juga menjadi tanggungjawabnya seluruh elemen bangsa. Dan olahraga akan menjadi kebanggan kita semua,” jelasnya.

Sementara itu, Kasad menyampaikan bahwa Turnamen Piala Kasad Liga Santri ini sebagai bentuk sumbangsih TNI Angkatan Darat untuk memajukan persepakbolaan nasional serta memberikan sumbangsih kepada pemerintah bagi pemain – pemain nasional PSSI.

Keluar sebagai Juara Pertama dalam Turnamen Piala Kasad Liga Santri 2022 ini, tim kesebelasan dari Jawa Barat I, juara kedua tim kesebelasan dari Jawa Timur III dan Juara Ketiga dari tim kesebelasan Sumatera Utara.

Masing – masing juara selain mendapatkan tropi dan medali, juga mendapatkan uang pembinaan. (Penkostrad).