(Penkostrad. Jumat, 3 Januari 2020).  Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr (Han), memberi pengarahan kepada Perwira Markas Kostrad dan 66 Perwira Remaja baru masuk satuan Kostrad, bertempat di Ruang Mandala Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Jumat (03/01/2020).

Dalam pengarahannya, Pangkostrad mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di satuan Kostrad. Kalian adalah prajurit yang terbaik dari yang terbaik sehingga kalian masuk Kostrad. Saya bangga dengan kalian,” ujar Pangkostrad.

“Setiap prajurit Kostrad harus mempunyai lima kemampuan dasar yang harus diasah agar selalu berhasil didalam melaksanakan tugas, antara lain harus memiliki kemampuan fisik yang sehat dan prima dengan peduli pada kesehatan diri sendiri, mampu melaksanakan gerakan perorangan dengan baik serta teknik dan taktik dengan penalaran yang baik, mahir menembak, mahir bernavigasi dan manuver serta memiliki kemampuan bela diri,” ucap Pangkostrad.

Ditegaskan Pangkostrad, selain lima kemampuan dasar yang harus dimiliki, prajurit Kostrad juga harus memiliki 8 (Delapan) Kekuatan Cakra yang harus dilatih dan diasah oleh prajurit Kostrad antara lain: 1. Niat, Niat yang baik tulus dan ikhlas. 2. Sikap dan Perilaku, Penampilan yang berkharisma dalam sikap dan  perilaku. 3. Pancaran Mata, Pancaran mata yang berkekuatan mampu menaklukan, mengayomi, kasih sayang dan melindungi. 4. Komunikasi, Kekuatan berkomunikasi mampu berdialog, berdebat dan berdiplomasi. 5. Kesiagaan, Kesiagaan bela diri yang mampu melumpuhkan lawan. 6. Daya Imajinasi, Mampu membaca situasi, memprediksi dan merencanakan. 7. Keputusan, Keputusan terbaik sesuai pikiran, penalaran dan hati nurani. 8. Keyakinan, Keyakinan bahwa yang dilakukan merupakan keputusan dan tindakan yang terbaik.

Pangkostrad juga mengajak kepada seluruh Perwira untuk meningkatkan kemampuan dengan membaca (Iqro). Untuk memperoleh kemampuan membaca, para Perwira dapat melakukan anjangsana dan silaturahmi, semua itu dapat diperoleh di kala para Perwira cermat dan peka mengamati.

Diakhir amanatnya, Pangkostrad menekankan kepada seluruh Perwira bahwa untuk mencapai suatu keberhasilan tidak mudah, karena harus dengan kerja keras dan semangat, mulai dari berlatih di home base sampai dengan di daerah operasi.

“Jadilah Perwira teladan dimata anggotamu, latih kemampuan anggotamu untuk selalu menjadi prajurit yang hebat. Penampilan pertamamu adalah keberhasilanmu,” tegas Pangkostrad mengakhiri pengarahannya.

Turut hadir dalam acara ini, Kaskostrad Mayor Jenderal TNI Ainurrahman, Irkostrad Brigjen TNI Dedy Kusmayadi, Koorsahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad dan para Kabalak Kostrad, serta para Perwira Markas Kostrad.