Jakarta. Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 3 PG Kostrad Ibu Mia Kunto Arief Wibowo melaksanakan kunjungan kerja di Markas Yonif Raider 755 Kostrad, Merauke, Selasa (25/01/2022).

Dalam rangkaian Kunjungan kerja ini, Pangdivif 3 Kostrad meresmikan Mesin Pengolah Air Minum (Dag Filter) Tirta Yalet yang diciptakan oleh Pangdivif 3 Kostrad yang mampu mengubah air yang tidak layak konsumsi menjadi air sehat yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

Bukan tanpa alasan, mesin penjernih air (Dag Filter) ini hadir untuk mengatasi kesulitan prajurit dan masyarakat yang ada di daerah Distrik Semangga, Kab. Merauke. Pada kunjungan kerja pertama Pangdiv 3 di wilayah Merauke sekitar bulan September 2021, Mayjen Kunto langsung belanja masalah dan menemukan satu hal menonjol yaitu kekurangan air bersih yang ada di satuan Yonif Raider 755 Kostrad dan lingkungan sekitarnya.

Dengan bermodalkan pengalaman semasa menjabat Komandan Korem 032/ Wirabraja, dikala itu Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berhasil mengembangkan mesin penjernih air DAG Filter yang mampu mengolah air tidak layak kosumsi menjadi air sehat yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan masyarakat di pedalaman Mentawai. Alhasil, permasahan kekurangan air bersih di Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat teratasi dan masyarakatpun sudah dapat menikmati air bersih dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung, dimana kita berada disitulah kita harus memberikan manfaat terhadap lingkungan kita”, demikian sepenggal kata yang disampaikan oleh Mayjen TNI Kunto pada acara peresmian Mesin Pengolah Air Minum Tirta Yalet ini.

Lebih lanjut Mayjen Kunto menyampaikan jika alat penjernih Dag Filter mampu menyaring limbah, air keruh bahkan air laut menjadi air sehat dan cara kerjanya telah melalui serangkaian uji coba laboratorium. Hasilnya, air yang diproduksi melalui alat penjernih ini terbukti layak, sehat dan bisa langsung diminum dengan kadar PH 7.

Mesin DAG Filter ini memiliki spek ramah lingkungan, hemat energi, perawatan yang sangat mudah dan mampu merubah air keruh bahkan air payau menjadi air tawar yang siap konsumsi. Hal ini terbukti dari hasil pengecekan langsung di lapangan bahwa air payau yang ada di wilayah merauke dengan Ph 1206 dapat diolah sehingga memiliki Ph 69.

“Semoga dengan adanya mesin pengolah air minum ini, seluruh prajurit beserta keluarga termasuk masyarakat sekitar satuan Yonif Raider 755 Kostrad dapat menikmati air bersih secara layak, sehingga kesejahteraan prajurit dan masyarakat dapat terus meningkat, ingat kita adalah Tentara Rakyat yang selalu ada di tengah-tengah kesulitan rakyat”, pungkas Mayjen TNI Kunto.

Dalam kunjungan kerja ini, Pangdivif 3 Kostrad didampingi oleh pejabat Divisi Infanteri 3 Kostrad antara lain Asren Divif 3 Kostrad beserta Istri, Asintel Kasdivif 3 Kostrad beserta Istri, Asops Kasdivif 3 Kostrad beserta Istri, Aspers Kasdivif 3 Kostrad beserta Istri, Aster Kasdivif 3 Kostrad, Aslog Kasdivif 3 Kostrad beserta Istri dan Danbrigif Raider 20/IJK beserta Istri.  (Penkostrad).