Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr. (Han)., memimpin jalannya upacara pengukuhan tradisi warga baru Divif 2 Kostrad Tahun 2023 yang dilaksanakan di Goa Antaboga Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Rabu (29/11/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kasdivif 2 Kostrad, Irutum It Divif 2 Kostrad, para Waas Kasdivif 2 Kostrad, para Dansatjar Divif 2 Kostrad, Kepala KPH Kab. Pasuruan, Danramil dan Kapolsek Purwodadi, unsur Muspida Kab. Pasuruan, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Tambaksari.

Upacara tradisi pengukuhan warga baru Divif 2 Kostrad di Gunung Arjuna ini, merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pembinaan yang telah dilalui sebagai bukti bahwa peserta tradisi secara resmi telah menjadi warga Divisi Infanteri 2 Kostrad. Disamping itu, peserta tradisi juga harus memaknai dan menghargai betapa besarnya pengorbanan para pejuang pendahulu kita yang telah meletakkan dan menegakkan kehormatan, nama, harkat dan martabat Divisi Infanteri 2 Kostrad.

Kegiatan tradisi ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai penyambutan penerimaan warga baru Divif 2 Kostrad, sekaligus melatih kedisiplinan dan naluri tempur sebagai prajurit agar siap operasional di satuan.

Kegiatan tradisi tersebut dimulai pada tanggal 27 s.d 29 November 2023 dengan rangkaian kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan pemberangkatan tradisi, dilanjutkan dengan Hanmars menempuh rute sejauh 30 km, kegiatan mandi suci, pemancangan bendera arjuna dan ditutup dengan upacara tradisi pengukuhan warga baru Divif 2 Kostrad. (Penkostrad).