Jakarta. Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H. kendalikan  Uji Siap Tempur (UST) yang diselenggarakan di Pusat Latihan dan Tempur (Puslatpur) Marinir 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Kamis (28/10/2021).

Latihan UST ini diikuti oleh 1 Kompi Yonkav 8  Kostrad, 2 Baterai Yonarhanud 2  Kostrad, 1 Kompi Yonbekang 2 Kostrad, 1 Kompi  dari Yonzipur 10  Kostrad, 1 Kompi Kesehatan Lapangan dari Yonkes 2  Kostrad serta 1 Kompi Peralatan dari Denpal Divif 2 Kostrad.

UST merupakan program yang telah distandarisasikan dan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, berkelanjutan dan diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta kemampuan sekaligus menguji sejauh mana kesiapan tempur Satuan tersebut. Setiap Prajurit sudah dibekali kemampuan dan pengetahuan perorangan, tinggal bagaimana unsur pimpinan mulai dari Danru dan Danton dapat memaksimalkan kemampuannya dalam memimpin dan mengendalikan pasukan dalam situasi di medan yang sebenarnya.

Alutsista yang digunakan dalam latihan antara lain Tank Leopard buatan Jerman (2015), Rudal Atlas dan Rudal MPCV buatan Perancis (2019), Anoa Pindad Indonesia, Kendaraan  Penjinak Bahan Peledak (Jihandak), Pasukan Medis Tempur, Pasukan Unit Service Peralatan Tempur dan Pasukan Perbekalan.

Disamping pelaksanaan UST, juga selenggarakan Bakti Sosial pemberian paket sembako kepada 200 masyarakat sekitar dan pemeriksaan kesehatan gratis sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat disekitar latihan yang terkena dampak Pandemi Covid-19.

Pangdivif 2 Kostrad menyampaikan kepada prajurit untuk tetap berpegang teguh pada jati diri prajurit Divif 2 Kostrad, yaitu sebagai Prajurit bertaqwa, Prajurit pejuang, Prajurit sejati, Prajurit profesional serta Prajurit yang bisa diandalkan.

“Terima kasih yang tulus serta penghargaan yang tinggi kepada penyelenggara, para pelatih dan pendukung, atas terselenggaranya UST ini dengan baik. Jadikanlah pengalaman ini sebagai bahan masukan dan evaluasi guna penyempurnaan dan perbaikan pada penyelenggaraan latihan yang akan dating,” pungkasnya. (Penkostrad).