(Penkostrad. Senin, 30 September 2019).  Guna menekan angka kecelakaan dan pelanggaran berlalu lintas di kalangan prajurit TNI AD khususnya satuan jajaran Divif 2 Kostrad, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han).,  menggelar acara penyuluhan Program Keselamatan Berkendara dan Berlalu Lintas (PKBB) Tahun 2019 bertempat di Aula Sandoyo dan Lapangan Penegak Sapta Marga Madivif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Jum’at (27/9).

Penyuluhan PKBB diikuti oleh perwakilan satuan jajaran Divif 2 Kostrad se-Malang Raya, antara lain Brigif Para Raider 18 Kostrad, Yonif Para Raider 502 Kostrad, Resimen Armed 1 Kostrad, Yonarmed 1 Kostrad, Yonarhanud 2 Kostrad, Yonbekang 2 Kostrad, Yonkes 2 Kostrad, Kikavtai Divif 2 Kostrad, Denpom Divif 2 Kostrad, Denpal Divif 2 Kostrad, Denhub Divif 2 Kostrad serta Denma Divif 2 Kostrad. Selain itu, juga hadir beberapa anggota Kepolisian dari Polres Kabupaten Malang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran berlalu lintas di jalan raya. Diharapkan dari kegiatan ini akan membangun kesadaran di kalangan prajurit jajaran Divif 2 Kostrad tentang pentingnya mentaati rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan sehingga terhindar dari kecelakaan saat berkendara.

Sementara itu dalam sambutannya, Pangdivif 2 Kostrad menyampaikan, Kegiatan penyuluhan dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran para prajurit dalam berlalu lintas dijalan raya yang tertib dan mematuhi aturan yang ada demi keselamatan berlalu lintas dijalan raya serta memberikan pengetahuan mengenai denda terhadap segala bentuk pelanggaran lalu lintas sesuai UU lalu lintas no. 22 Tahun 2009.

“Disamping itu, kegiatan ini juga untuk membangun pribadi prajurit yang sadar terhadap taat dan tertib berlalu lintas sesuai aturan dan menjadi pelopor keselamatan dijalan raya. Dengan demikian selain menjadi pelopor keselamatan untuk diri sendiri juga dapat menjadi pelopor keselamatan bagi orang tua, anak-anak, keluarga dan orang-orang disekelilingnya. Diharapkan pula dengan merasa demikian akan tumbuh minat untuk saling mengingatkan bagi yang lainnya,” tegas Pangdivif 2 Kostrad.

Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP, M.Si, M.Tr (Han) dalam acara ini juga berkesempatan memberikan tali asih berupa Helm kepada beberapa prajurit Divif 2 Kostrad yang beruntung menjawab pertanyaan Panglima.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan tes teori berlalu lintas dan demontrasi di sepanjang jalan lapangan Sapta Marga Madivif 2 Kostrad serta dilakukan pemeriksaan surat-surat maupun kendaraan yang bertujuan untuk menginventarisir serta mengantisipasi maraknya kendaraan illegal yang dapat menimbulkan tindak pelanggaran di jajaran Divif 2 Kostrad.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, tidak ditemukan kendaraan yang illegal atau mati pajak. ”Semua kendaraan yang kami periksa baik kendaraan pribadi maupun kendaraan dinas dilengkapi dengan surat-surat dan tertib pajak,” ungkap Dandenpom Divif 2 Kostrad saat mendampingi anggotanya melakukan pemeriksaan.