Jakarta.  Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. didampingi Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI Muh Nur Rahmad, S.I.P. Pangdam III/SLW Mayjen Kunto Arief Wibowo, S.I.P, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., Irkostrad Mayjen TNI Dian Sundiana, S.E., M.Si., Danjen Kopassus Mayor Jenderal Iwan Setiawan, Asren Kostrad dan para Asisten Kaskostrad  melaksanakan Penanaman pohon secara serentak di seluruh Satuan Kostrad yang dipusatkan di Daerah Latihan (Rahlat) Divif 1 Kostrad, Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat. Rabu (12/10/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Kab. Bandung, Kapolres Kab. Bandung, Dandim 0624 Kab. Bandung, Ketua DPRD Kab. Bandung, Kajari Kab. Bandung, Kadivreg Perhutani Bandung, Camat Ciwidey, Danramil Ciwidey, Kapolsek Ciwidey serta para Kepala Desa dan Ketua LMDH Ciwidey.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap bumi, dengan tujuan untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatnya absorsi / penyerapan gas CO2, SO2 dan polusi lainnya, untuk mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman.

 

Lokasi yang dipilih dalam kegiatan tanam pohon ini adalah lahan milik satuan / TNI, daerah latihan, desa binaan, baik itu lahan milik Pemda, lahan milik perusahaan dan lahan milik masyarakat. Dengan harapan lokasi penanaman memenuhi syarat apa yang telah ditentukan, yaitu lahan  kritis, tidak produktif, bukan lahan sengketa, dapat berfungsi sebagai penghijauan lingkungan, memiliki fungsi perlindungan kepentingan publik seperti mata air, rentan tanah longsor, tidak dalam rencana konversi lahan dan bukan lokasi yang direncanakan atau dilaksanakan proyek Pemerintah, hutan dan lahan kritis yang rusak akibat bencana alam maupun oleh ulah manusia, sehingga apa yang kita lakukan ini dapat tepat sasaran.

Dalam Sambutannya, Pangkostrad mengatakan jika sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah untuk menjadikan seluruh lahan menjadi hijau, sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika, sekaligus dapat berfungsi sebagai penyerapan karbon.

“Jumlah pohon yang ditanam oleh seluruh satuan berjumlah ± 50.602 pohon. Terdiri dari pohon keras dan pohon buah, seperti ; sengon, mahoni, trembesi, jati, pinus, eucalyptus, tabebuya, matoa, klengkeng, mangga, jambu, alpukat dan durian,” kata Pangkostrad.

Pangkostrad berpesan kepada seluruh prajurit dan masyarakat untuk merawat pohon yang akan ditanam nanti agar tumbuh subur, sehingga tujuan yang kita harapkan dapat tercapai.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pangdam III/SLW, Danjen Kopassus, Dinas Pertanian, Kehutanan dan Pemerintah Daerah setempat, tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh adat, organisasi kepemudaan dan komponen masyarakat lainnya serta semua pihak terkait yang turut berperan atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kerja sama yang baik ini dapat terus ditingkatkan di masa-masa yang akan dating,” pungkas Pangkostrad.

Untuk diketahui,  bahwa penanaman pohon yang dilaksanakan secara terpusat dipimpin oleh Pangkostrad di daerah latihan Divif 1 Kostrad, Desa Cibadak, Kab. Bandung. Sedangkan tersebar, untuk Divisi Infanteri 2 Kostrad dilaksanakan di lapangan Bulukerto, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. (Bantaran sungai Brantas Bulukerto) yang dipimpin Pangdivif 2 Kostrad, untuk Divisi Infanteri 3 Kostrad dilaksanakan di Kesatrian Madivif 3 Kostrad yang dipimpin oleh Pangdivif 3 Kostrad.

Diakhir kegiatan, Pangkostrad berkesempatan membagikan Sembako gratis kepada masyarakat di sekitar lokasi daerah latihan penanaman pohon. (Penkostrad).