(Penkostrad. Jumat, 3 Februari 2017). Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayor Jenderal TNI Cucu Somantri, memberikan pengarahan kepada seluruh Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 503/18/2 Kostrad pada hari Selasa 31 Januari 2017 bertempat di Lap.Yonif Para Raider 503/18/2 Kostrad

Dengan didampingi oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, S.I.P. Kedatangan Kaskostrad kali ini bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada seluruh Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 503/18/2 Kostrad.

Dalam pengarahannya kepada seluruh Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 503/18/2 Kostrad menyampaikan bahwa Merauke merupakan daerah perbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. “Yang menjadi tugas utama kalian yaitu,  mensejahterakan masyarakat asli Papua dengan mengajarkan tata cara bercocok tanam yang baik serta mengajarkan pendidikan”. Terang Kaskostrad.

Kaskostrad juga menyampaikan bahwa Papua tidak akan pernah merdeka karena Papua memang sudah merdeka. Yang membuat Papua dapat terpisah dari NKRI apabila bersinggungan dengan permasalahan Hak Asasi Manusia (HAM) dengan membodohi rakyat. Untuk itu Kaskostrad Mayor Jenderal TNI Cucu Somantri berpesan kepada seluruh Perwira untuk melaksanakan tugas dengan baik, hindari pelanggaran yang dapat menyakiti hati rakyat. “Perlakukanlah mereka dengan baik dan sayangilah mereka”. Tegas Kaskostrad.