Jakarta. Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang masih merangkap jabatan sebagai Pangkostrad memimpin serah terima Jabatan Pangdivif 1 Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad dan Penyerahan Jabatan Kasetum Kostrad Serta Tradisi Korps Prajurit Kostrad bertempat di Executive Lounge, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Selasa (5/12/2023).

Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menyerahkan jabatan Pangdivif 1 Kostrad Kepada Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E., M.M. yang sebelumnya menjabat Waaspers Kasad Bidang Binpers, Brigjen TNI Kus Arisena menyerahkan jabatan Kapoksahli Pangkostrad kepada Brigjen TNI Budi Kusworo. Kasad juga melepas mantan Waaspers Kaskostrad yang akan menjabat sebagai Paban V Binkar Spersad.

Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., nantinya akan menjabat sebagai Komandan Secapa AD, sedangkan Brigjen TNI Kus Arisena akan menjabat Staf Khusus Kasad.

Dalam kegiatan ini juga, dilaksanan penyerahan jabatan Kasetum Kostrad oleh Letnan Kolonel Caj (K) Monica Damayanti, S.S., M.M.

Dalam amanatnya, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., mengatakan jika serah terima jabatan merupakan dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan. Hal ini bertujuan sebagai kaderisasi, kinerja dan produktivitas satuan serta pengembangan karier Perwira yang bersangkutan.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada : Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., Brigjen TNI Kus Arisena, Kolonel Inf Iwan Setiawan, S.I.P., M.Han.,  dan Letnan Kolonel Caj (K) Monica Damayanti, S.S., M.M., atas kinerja, dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya, sehingga organisasi yang diawakinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.  Semoga pengalaman selama bertugas di satuan Kostrad dapat menjadi bekal dalam menjalankan tugas di tempat yang baru,” kata Kasad.

“Kepada pejabat baru : Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E., M.M., dan Brigjen TNI Budi Kusworo beserta para istri, saya ucapkan selamat datang dan selamat atas kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh Pimpinan TNI AD untuk menjabat sebagai : Pangdivif 1 Kostrad dan Kapoksahli Pangkostrad,” tambah Kasad.

“Saya percaya, berbekal kemampuan dan pengalaman jabatan sebelumnya, akan mampu melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” pungkas Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Staf Kostrad, Pangdivif 2 dan Pangdivif 3 Kostrad,  Irkostrad, Wair Kostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Kasdivif 1 Kostrad, Irdivif 1 Kostrad, Para Pamen Ahli, para Waas/Irut Itkostrad, LO TNI AL Kostrad, LO TNI AU Kostrad, para Dan/Ka Sat/Balak Kostrad, Ketua dan Wakil ketua Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad serta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad. (Penkostrad).