(Penkostrad. Kamis, 24 Oktober 2019).  Kepala Staf Divisi Infanteri 1 Kostrad, Brigjen TNI Joko P Putranto, M.Sc. meninjau Batalyon Infanteri Para Raider 305 Kostrad menjelang pemberangkatan Tugas Pengamanan Perbatasan Mobile RI-PNG. Karawang, Rabu (23/10/2019).

Kedatangan Kasdivif 1 Kostrad disambut oleh Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 305 Kostrad Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si. didampingi oleh Komandan Brigade Infanteri Para Raider 17 Kostrad Kolonel Inf Ade Rony Wijaya, Waasintel Kasdivif 1 Kostrad Letkol Inf Nur Ahmad, Waaslog Kasdivif 1 Kostrad Letkol Inf Syamsul Alam beserta seluruh prajurit Yonif PR 305 Kostrad.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdivif 1 Kostrad memberikan pengarahan dan penekanan kepada seluruh prajurit Yonif Para Raider 305 Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas Mobile RI-PNG. Beliau mengatakan bahwa tugas ini harus benar-benar menggunakan pikiran dan konsentrasi yang tinggi mengingat yang dihadapi adalah bukan perang konvensial melainkan melawan insurjen yang merupakan gerakan-gerakan separatis.

Kasidivif 1 Kostrad juga mengingatkan akan pentingnya berlatih dengan semangat disertai fokus dan percaya terhadap diri sendiri, “Ada aspek yang perlu kalian ketahui dalam penugasan ini, penting bagi kalian untuk dapat  merebut hati dan pikiran rakyat,  selain kemampuan direct strategi yaitu mencari, mendekati dan menghancurkan insurjen agar perjuangan kita mendapatkan  dukungan baik dari masyarakat nasional  maupun Internasional.

“Dalam penugasan ini, insurjen yang kalian hadapi dimana mereka yang memiliki keyakinan sebagai pejuang pembebasan kemerdekaan, pola pikir dan hati mereka yang harus kalian ambil maka kalian akan menjadi pemenangnya,” tambah Kasdivif 1 Kostrad.

Danyonif  Para Raider 305 Kostrad juga menambahkan bahwa kunjungan Kasdivif 1 Kostrad tersebut adalah selain mengecek kesiapan personel dan alkap serta memberikan pengarahan dalam rangka mengisi pola pikir prajurit agar lebih cerdas dalam bertindak dan menentukan strategi dalam penugasan Pamtas Mobile RI-PNG.