Jakarta.   Sebanyak 135 Prajurit Satjar Divif 3 Kostrad dan 115 Persit mengikuti kegiatan bakti sosial Donor Darah berkerja sama dengan PMI Kota Makassar dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD yang bertemakan “TNI Angkatan Darat Bersama Rakyat Membangun Bangsa” diselenggarakan di Gedung Kikav, Pakatto, Gowa, Sulawesi selatan. Senin (13/12/2021).

Kebutuhan akan darah sangatlah penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia, baik bantuan darah untuk korban kecelakaan dan beberapa penyakit termasuk yang terpenting seperti kebutuhan bagi Ibu yang mengalami pendarahan disaat melahirkan. Semua ini bisa dicegah jika akses layanan donor darah ditingkatkan.

Disamping itu, peran masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela juga sangat penting, karena ketersediaan darah di sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya.

Sebagai Tentara rakyat, Divisi Infanteri 3 Kostrad turut memberikan bantuan kemanuasiaan melalui kegiatan donor darah yang dirangkaikan dalam memperingati Hari juang TNI AD tahun 2021. Rangkaian kegiatan ini merupakan perwujudan dari salah satu doktrin TNI dalam 8 Wajib TNI yaitu “menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”.

Sebelum pelaksanaan kegiatan donor darah, seluruh prajurit dan Persit yang akan melakukan donor darah terlebih dahulu dilakukan screening pemeriksaan kesehatan, sehingga yang melakukan donor darah tersebut benar-benar dalam kondisi sehat dan siap untuk melaksanakan donor darah. Selama pelaksanaan kegiatan tetap mempedomani SOP (physical distancing) dan mematuhi protokol kesehatan. (Penkostrad).