Jakarta.  Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. melaksanakan  Courtesy Call bersama Commander Forces Command – Australian Army Major General Matthew Pearse, AM,  di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022).

Dalam kegiatan ini, Pangkostrad didampingi Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, S.I.P., Irkostrad Mayor Jenderal TNI Dian Sundiana, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad dan para Asisten Kaskostrad.

Kegiatan diawali dengan disambut Dandenma Kostrad Kolonel Inf A. Yoyok Pranowo, hormat jajar dari Regu Jaga, melaksanakan foto bersama, mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad, penandatangan buku tamu dilanjutkan dengan Courtessy Call di ruang Executive Longe.

Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga karena telah dikunjungi Commander Forces Command – Australian Army bersama rombongan.

Pangkostrad juga menjelaskan kepada Major General Matthew Pearse, AM bahwa Kostrad memiliki tiga Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari Malang dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto.

“Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja dalam tugas operasi militer perang, kita juga berpartisipasi dalam tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Seperti halnya saat ini kita ikut berperan serta dalam upaya membantu program pemerintah dalam mengatasi krisis air bersih, hal ini sejalan dengan program dari TNI Angkatan Darat yaitu “TNI Manunggal Air,” kata Pangkostrad.

“Kostrad banyak membantu masyarakat di Homebase maupun daerah operasi mendapatkan akses air bersih dengan membuat pompa-pompa hidrolik yang menggunakan metode dengan menyalurkan air bersih yaitu melalui memanfaatkan air gravitasi tanpa menggunakan listrik maupun dengan memanfaatkan teknologi sumur bor,” ujar Pangkostrad.

“Pelaksanaan tugas seperti di wilayah papua, selain dengan operasi tempur maka satuan kostrad dalam upaya mencapai keberhasilan tugas tersebut juga dilaksanakan dengan pendekatan kesejahteraan, pendekatan ekonomi, pendekatan agama maupun pendekatan sosial budaya dalam rangka untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat,” tambah Pangkostrad.

Pangkostrad juga menjelaskan kerjasama pertahanan bilateral yang terjalin antara Indonesia dan Australia selama ini telah terjalin dengan sangat baik, hal ini adalah bukti hubungan antara kedua negara yang semakin kuat. Seperti halnya saat ini sedang dilaksanakan Latma WIRRAJAYA AUSINDO di Puslatpur Kodiklatad Baturaja pada Tgl 10 sd 23 Okt 2022 yang melibatkan 181 orang prajurit Kostrad dan 96 orang AD Australia.

“Saya berharap kerjasama antara TNI AD khususnya Kostrad dengan AD Australia akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya sehingga dapat meningkatkan profesionalisme para prajurit kedua angkatan darat,” pungkas Pangkostrad.

Sementara itu, Commander Forces Command – Australian Army Major General Matthew Pearse, AM  mengatakan jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf.

Setelah Courtessy Call selesai, kegiatan diakhiri dengan pertukaran Cinderamata.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya  Waasintel Kasad Bid. Inteltek dan Hublu Brigjen TNI Budi Hariswanto, Delegasi Australia  Col. Daley (Athan Australia), Pabandya VI/Hublu Sintel TNI AD Kol. Inf Agus Bhakti dan Capt. Smith. (Penkostrad).