(Penkostrad. Rabu, 30 Oktober 2019).  Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han)., memimpin langsung jalannya Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 bertempat di Lapangan Penegak Sapta Marga Madivif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Senin (28/10).

Sumpah Pemuda merupakan tonggak utama dalam sejarah gerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai roh kristalisasi untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diadakan selama dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada Tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, Narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Kasdivif 2 Kostrad dalam membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyampaikan, “Kami sampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pumuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI”.

Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia, terangnya.

Usai upacara, Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han).,  memberikan pengarahan kepada prajurit jajaran Madivif 2 Kostrad, agar senantiasa menjaga kondisi tubuh/kesehatan, serta menjaga pola makan yang sehat, berimbang dan bergizi, juga disertai dengan olah raga teratur guna menunjang tugas pokok sehari-hari sebagai prajurit Kostrad.