Jakarta. Asisten Latihan Kepala Staf Angkatan Darat (Aslat Kasad) Mayjen TNI Tri Winarno, S.I.P., M.Si., M.Tr.(Han) meninjau Latihan Kesiapan Pratugas Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 11  Kostrad bertempat di Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (12/12/2022).

Turut Hadir dalam kunjungan tersebut Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, S.Sos., M.Si., Kolonel Arm Rizal Analdie, S.H., M.Tr.(Han) selaku Danmenarmed 2/PY/2 Kostrad. Kunjungan ditujukan untuk melihat kesiapan prajurit yang akan melaksanakan Satgas Pamtas RI – Malaysia.

Guna mendukung tugas di daerah penugasan nanti, Aslat meminta supaya latihan harus disesuaikan dengan apa yang akan dihadapi di daerah operasi dengan menyuguhkan situasi dan kondisi daerah sebenarnya dengan mempertimbangkan aspek cuaca, medan dan musuh, pada saat latihan harus di kontrol, kendalikan dan cek seluruh pos jajaran.

Menurutnya perbatasan merupakan pintu gerbang negara yang perlu mendapatkan perhatian khusus dan serius bagi kedaulatan sebuah negara sehingga perlu dilakukan upaya memperkuat penjagaan dan pengamanan di perbatasan. Terjadinya berbagai kasus pelanggaran di daerah perbatasan seperti illegal logging, peredaran Narkoba dan Miras, tenaga kerja ilegal, pelanggaran lintas batas dan pergeseran tapal/patok batas sering kali ditemukan.

Aslat Kasad dalam pengarahannya menegaskan, “Dalam penyelenggaraan latihan diharapkan menyerupai dengan situasi apa yang nanti akan dihadapi di medan kondisi operasi sesungguhnya, guna mengantisipasi dan meminimalisasi kejadian pelanggaran di daerah perbatasan, maka personel prajurit yang akan bertugas harus dibekali dengan berbagai latihan terkait situasi yang akan dihadapi di daerah perbatasan”, ungkapnya.

Berbagi merupakan salah satu kegiatan positif yang wajib dilakukan oleh orang yang mampu terhadap orang yang kurang mampu guna mendukung kebutuhan sehari-hari.

Selesai melaksanakan peninjauan dilanjutkan dengan membagikan  paket Sembako kepada masyarakat yang kurang mampu di sekitar daerah latihan. Bersinergi dengan rakyat, berjuang dan selalu berada di tengah-tengah rakyat adalah suatu kewajiban Prajurit TNI, Semoga dengan kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat. (Penkostrad).