Jakarta. Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P. menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu prajurit Kostrad atas nama Pratu M. Hafifi dari satuan Detasemen Markas (Denma) Divif 1 Kostrad karena berhasil mengamankan 3 (tiga) orang geng motor bersenjata tajam, bertempat di Lobby Markas Divif 1 Kostrad, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Senin (26/12/2022).

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Staf Intelijen Divif 1 Kostrad, bahwa pada tanggal 25 Desember 2022 dini hari pukul 02.45 WIB, Pratu M. Hafifi anggota Denma Divif 1 Kostrad telah berhasil menangkap 3 orang pelaku geng motor di daerah Desa Kutruk, Kec. Jambe Kab. Tangerang yang mana pada saat itu Pratu Muhammad Hafifi dalam perjalanan menuju arah pulang ke rumah orang tuanya untuk mengantarkan obat orangtuanya yang berdomisili di daerah Tenjo Kabupaten Bogor (Perbatasan Tangerang – Bogor).

Pratu M. Hafifi menyampaikan bahwa saat berhenti di jalan wilayah Desa Kutruk mendapat informasi dari warga yang melihat segerombolan orang yang diduga kelompok geng motor berjumlah kurang lebih 13 orang sedang melaksanakan aksi penghadangan dan upaya pembacokan kepada pengguna jalan secara acak tepatnya di depan Alfamart wilayah Desa Kutruk.

Mendengar hal tersebut Pratu M. Hafifi terketuk hatinya untuk membantu masyarakat dan memutuskan untuk berhenti di lokasi yang berseberangan kurang lebih berjarak 10 meter dari posisi geng motor tersebut.

Sesaat setelah berhenti, Pratu M. Hafifi melihat sebagian yang diduga anggota geng motor tersebut memisahkan diri dari kelompoknya untuk membeli rokok di warung sembako yang kebetulan posisinya berada di depan lokasi Pratu M. Hafifi berhenti.

Kemudian Pratu M. Hafifi berinisiatif untuk mendatangi dan bertanya kepada 6 (enam) orang yang diduga anggota geng motor tersebut karena kecurigaan atas gerak-gerik salah satu yang diduga geng motor tersebut membawa senjata tajam. Setelah mendengar pertanyaan dari Pratu M. Hafifi, keenam terduga anggota geng motor tersebut kabur dan Pratu M. Hafifi berhasil mengamankan dengan dibantu oleh masyarakat terhadap 3 (tiga) orang diantaranya dan langsung diserahkan ke Polres Tangerang untuk diamankan beserta barang bukti senjata tajam berupa clurit, klewang dan pedang.

Saat dikonfirmasi, Ketua RT 003/001 Desa Kutruk Kec. Jambe yang bernama Bapak Manaf yang saat kejadian berada di lokasi menyampaikan bahwa di daerah tersebut sering menjadi perlintasan anggota geng motor yang sangat meresahkan masyarakat. Selama ini masyarakat tidak berani untuk melarang atau membubarkan geng motor yang sedang melakukan aksinya dikarenakan anggota geng motor tersebut banyak yang membawa senjata tajam dan dalam pengaruh alkohol.

“Saya merasa salut dan berterima kasih kepada Bapak TNI yang telah berani untuk membubarkan dan mengusir kelompok geng motor, karena selama ini perbuatan geng motor tersebut sangat meresahkan masyarakat dan tidak ada yang berani untuk melawan,” ungkap Manaf. (Penkostrad).