404 - File or directory not found.

404 - File or directory not found.

The resource you are looking for might have been removed, had its name changed, or is temporarily unavailable.

(Penkostrad. Senin, 25 Nopember 2019). Sebanyak 150 personel dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad, dipimpin oleh Kapten Inf Agung Pudhi Riyadi, bersama warga Kampung Pandekluwih Rt 04/01 Rw 11, Purworejo, Jawa Tengah, bersihkan irigasi sungai padat penduduk. (Sabtu, 23/11/2019).

Irigasi sungai dari Sungai Kedung Putri tersebut sering mengalami banjir yang mengakibatkan masuknya air sungai ke rumah penduduk, saat musim penghujan. Meski sering dilaksanakan kerja bakti oleh warga, hal tersebut dirasa kurang maksimal untuk mengatasi banjir,  Sehingga warga meminta bantuan kepada Batalyon Infanteri Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad untuk ikut serta menormalisasikan anak sungai yang telah dangkal. Karya bakti bersama warga kampung membersihkan dan mengeruk sudetan saluran irigasi Kedung Putri sepanjang 140 meter dan kedalaman 30 cm.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dan dipuncaki dengan menggelar mancing bersama personel TNI dan warga di saluran yang telah dibersihkan. Danyonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengatakan “Kami melepas Ikan Lele total sebanyak 95 kg yang kami lepaskan di irigasi Kepatihan sebanyak 25 kg, di kampung ini 70 kg. Usai dilepaskan, kami pancing yang hasilnya bisa dimasak oleh warga. Intinya, kami ingin menunjukkan bahwa saluran irigasi tersebut aman dan sehat untuk ditebari benih ikan.

“Selain melepas Ikan Lele, Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad juga membantu empat buah tong sampah yang diletakkan di sepanjang sudetan irigasi RT 04/01 RW 11 Kampung Pandekluwih. Bantuan tong sampah dari tong bekas ini hanya sebagai simbol ajakan agar warga tidak membuang sampah sembarang tempat. Harapan kami bisa menjadi triger agar warga pun bisa memanfaatkan barang bekas menjadi tong sampah atau benda lain yang bermanfaat,” kata Letkol Eko Bintara Saktiawan.

Ihwon Adha, salah satu tokoh pemuda Kampung Pandekluwih menyampaikan, terimakasih sebesar besarnya kepada Batalyon Infanteri Mekanis 412 atas bantuan tenaga yang diberikan, untuk ikut serta menormalisasikan sungai.

Sungai yang telah dinormalisasikan kurang lebih sepanjang 1 kilometer, yang mengalir ditengah kampung yang sebelumnya kedalaman hanya 50 cm kini menjadi lebih dalam dan bersih.“Harapanya agar sinergi antar warga dan TNI terus terjalin, bagi Danyonif Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan yang akan bertugas di tempat yang baru, agar terus menjadi berkat bagi sekitar, panjang umur niat baik,” kata Ihwon Adha.

404 - File or directory not found.

404 - File or directory not found.

The resource you are looking for might have been removed, had its name changed, or is temporarily unavailable.