(Penkostrad. Selasa, 9 Juli 2019). SMK Taruna Rajawali Timika menggelar penutupan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang ditutup oleh Danbrigif 20 Kostrad, Kolonel Inf Charles B.P Sagala yang di wakili oleh Wadan Denma Brigif 20 Kostrad Kapten Inf Yoga Firmansyah bertempat di halaman Mako Brigif 20 Kostrad, Timika. Senin (08/07/19).

Sudah menjadi tradisi bagi setiap sekolah untuk melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau sekarang dikenal dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) pada tahun ajaran baru. kegiatan PLS ini berlangsung sejak tanggal 1 Juli s/d 8 Juli 2019, kegiatan ini diikuti oleh 58 orang siswa baru yang terdiri dari 23 siswa SMK dan 35 siswa SMP.

Dalam sambutan Komandan Brigif 20 Kostrad, Kolonel Inf Charles B.P Sagala yang dibacakan Wadan Denma Brigif 20 Kostrad Kapten Inf Yoga Firmansyah mengatakan bahwa selama kegiatan PLS dilakukan, pihaknya turut serta untuk mengenalkan siswa bagaimana mendalami rasa cinta akan bangsa. Pengenalan tersebut disampaikannya lebih menjurus kepada bagaimana mengenali lingkungan sekolah dan bela negara itu sendiri.

“Bela negara ini kami ajarkan tentang baris-berbaris dan termasuk kedisiplinan. Kedisiplinan ini misalnya dalam hal tata cara sebelum makan, kegiatan saat apel dan Kami juga berikan permainan edukatif misalnya permainan dengan tim, serta pengenalan outbound,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Taruna Rajawali Timika, Bapak Yohanis Ivo Teturan menyampaikan, kegiatan PLS yang dilaksanakan di Mako Brigif 20 Kostrad ini bertujuan untuk memotivasi siswa kami yang sebagian besar adalah putra daerah untuk bagaimana mencintai dan membanggakan negara. Kami juga mendidik kedisiplinan agar mereka tahu benar-benar negara kita itu seperti apa. Mengingat, akhir-akhir ini sering ada gejolak yang sedikit mengganggu NKRI,” ujarnya.

“Dalam kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada Komandan Brigif 20 Kostrad yang sudah memberikan izin melakukan kegiatan ini di Mako Brigif 20 kostrad dan kami juga berterimakasih kepada anggota Brigif 20 Kostrad atas kesabaranya dalam membimbing siswa – siswi kami sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.” Pungkas Kepala SMK Taruna Rajawali Timika.