(Penkostrad. Rabu 1 Februari 2017). Batalyon Infanteri Mekanis 412 Kostrad melaksanakan kegiatan Wisata Militer dan Outbound untuk siswa TK Al-Barokah Desa Wareng Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo, bertempat di lapangan Mayonif Mekanis 412 Kostrad.

Seperti yang diketahui bahwa anak-anak mempunyai sifat ingin tahu yang tinggi, sehingga hal yang baru seperti dunia militer, mereka sangat meyukainya. Terlebih Wisata Militer yang diselenggarakan Yonif Mekanis 412 ini, dikemas dengan kegiatan Outbound. Sehingga mereka dapat bermain sesuka hati.

Kegiatan yang diikuti oleh 19 siswa dan 3 guru pendamping ini bertujuan untuk menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri pada anak. Karena keberanian dan kemandirian merupakan bagian dari life skill. Dengan keberanian dan kemandirian yang mereka miliki, dapat menjadikannya seorang yang kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah.

Materi kegiatannya beragam diantaranya, melintasi lorong ban gantung, merayap di bawah rintangan tali, melintasi jembatan gantung, naik simulasi helikopter serta berkeliling naik kendaraan tempur dan Tank Marder. Kegembiraan bukan saja pada anak-anak ini, para guru yang mendampingi pun tampaknya juga ikut larut bergembira dalam serunya kegiatan.

Retna Bintari salah satu guru TK tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada Batalyon Infanteri 412 Kostrad yang telah mendukung kegiatan Wisata Militer dan Outbound bagi siswa TK Al-Barokah. “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat dijadikan media untuk membentuk karakter anak lebih memiliki keberanian dan kemandirian serta kreatifitas,” harapnya.

Sementara itu Komandan Yonif Mekanis 412, Letkol Inf Fendry Novyanto Raminta juga menuturkan,“ Menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri pada anak harus di latih sejak dini. Kegiatan Wisata Militer ini, merupakan wujud kepedulian kami untuk membentuk karakter positif bagi generasi muda harapan bangsa”, ujarnya.