Jakarta. Komandan Brigif 20/3 Kostrad Letkol Inf Edy Widyanto dikukuhkan sebagai anak adat Kapawe Imamukawe oleh Kepala adat Kapawe Imamukawe Elias Yawa di Desa Kadun Jaya, KM 10 Timika, Sabtu (12/9/20).

Sebelum acara dimulai, Letkol Inf Edy Widyanto, S.Sos., disambut dan diiringi dengan tarian tauri khas Suku Kapawe sampai ke tempat acara.

Dalam sambutanya, Ketua Lembaga adat suku kapawe Elias Yawa menyampaikan jika keluarga besar suku Kapawe Imamukawe hari ini akan mengangkat Danbrigif 20/3 Kostrad Letkol Inf Edy Widyanto sebagai anak Kapawe Imamukawe.

“Kami beri Nama Letkol Inf Edy Widyanto Yawa (Makum Pinawaw), semoga diangkatnya Danbrigif 20/3 Kostrad sebagai anak Kapawe Imamukawe dapat membawa kebaikan dan kesejateraan bagi suku Kapawe Imamukawe,” kata Elias.

Pengukuhan anak Kapawe dilakukan dengan pemberian Topi adat yang diberikan oleh anak Kapawe dan didampingi oleh Ketua Lembaga adat suku kapawe, setelah itu dilanjutkan dengan pemberian cendera mata dari Danbrigif 20 Kostrad kepada Kepala adat suku Kapawe Imamukawe.

Sementara itu, Dabrigif 20/3 Kostrad dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala suku kapawe Bernadus Yawa yang mengangkatnya sebagai anak adat.

“Karena anak merasa sangat terhormat bisa diangkat dan dikukuhkan oleh beliau sebagai bagian dari keluarga besar Kapawe Kaugapu Mapurujaya,” ungkapnya.

Ia berharap, sebagai anak adat dapat berinteraksi dan saling menjaga antara anak dan keluarga. “Besar harapan anak dapat berinteraksi, bergaul dan saling menjaga antara anak dan keluarga, prajurit Brigif 20/3 Kostrad dengan masyarakat yang ada disini khususnya suku Kapawe Kaugapu Mapuru Jaya,” ucapnya.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Lembaga adat suku kapawe Elias Yawa, Komandan Satuan TNI-Polri Kabupaten Mimika, Kepala Kampung Kaugapu, Kepala Distrik Wania, Lurah Wonosari Jaya, Tokoh masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Mimika dan seluruh keluarga besar Kaugapu, Kapawe dan Imamukawe. (Penkostrad).