301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

(Penkostrad. Senin, 13 Mei 2019). Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Konga XXIII- M/UNIFIL (Satgas Indobatt) menggelar kampanye penyuluhan tentang kesehatan gigi (Dental Campaign) yang dilaksanakan selama 2 hari (9-10 Mei 2019) di empat Sekolah Negeri di Lebanon Selatan. Adapun ke empat sekolah negeri tersebut adalah sekolah negeri (Public School) yang berada di Desa Tulin, Desa Suwannan, Desa Ett Taibe dan Desa El Odaisseh yang seluruhnya merupakan Desa binaan dari Satgas Indobatt. Demikian disampaikan oleh Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam rilis tertulisnya di UNP 7-1 Adchit Al Qusayr, Lebanon Selatan (Jumat, 10 Mei 2019).

Ditambahkan oleh Dansatgas, untuk menjamin keberhasilan kami sebagai penjaga perdamaian di Lebanon tentunya kami harus mendapat dukungan dari masyarakat lokal, guna mendapat dukungan tersebut kami melakukan kegiatan “Dental Campaign” kampanye penyuluhan kesehatan gigi, bagi anak-anak sekolah Lebanon yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka.

“Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, terlebih bagi anak-anak yang masih mempunyai gigi susu. Untuk itu ditengah-tengah tugas kami untuk melaksanakan patroli dan menjaga keamanan, kami melakukan kegiatan kampanye kesehatan gigi yang tentunya sangat berguna bagi anak-anak Lebanon,” tutur Dansatgas.

Selama kegiatan penyuluhan berlangsung para siswa tidak langsung diberikan materi, namun diawali dengan acara hiburan tarian tor-tor dari Sumatera Utara yang ditampilkan oleh prajurit wanita TNI, serta penampilan lucu dari boneka Spongbob dan boneka UN (United Nation) yang membuat seluruh anak-anak yang hadir saat itu semakin antusias dan bergembira dalam mengamati setiap materi yang disampaikan oleh drg. Letda Ckm Sabrina dengan bantuan dari penerjemah/LA (Language Assistance), ditambah adanya penayangan video tentang bagaimana sampai bisa terjadinya sakit gigi, apa penyebabnya serta cara menanggulangi dan pencegahannya.

Tak lupa pula diperagakan cara menyikat gigi secara baik dan benar. Kepala sekolah Desa Ett Taibe Mr Abel Alrahman Reslan, yang ditemui setelah acara penyuluhan mengatakan kegiatan telah berjalan dengan baik dan sangat membantu para siswanya.

“Kegiatan yang dilakukan Indobatt ini sangat bagus dan baik serta memiliki nilai tambah buat anak-anak kami di sini, mungkin setiap hari mereka menyikat gigi, tapi belum mengerti cara menyikat gigi yang baik dan benar. Setelah ini pastinya mereka akan mulai bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar,” ujar kepala sekolah yang murah senyum ini.

Di tempat lain kepala sekolah di Desa El Odaisseh Mrs. Mariam mengatakan para siswa bersemangat dengan adanya tarian dari Indonesia dan boneka lucu sebelum penyajian materi ditambah dengan adanya materi yang disampaikan dalam bentuk video.

“Kegiatannya cukup baik dan sangat bermanfaat bagi anak-anak. Penyajian materi dari Indobatt sangat baik dan menghibur, dengan adanya tarian dan aksi lucu dari boneka yang berinteraksi dengan anak-anak kami, sehingga mereka bersemangat untuk mendengarkan dan pesan yang disampaikan bisa anak-anak pahami,” ujar Mrs. Mariam yang selama kegiatan selalu mendampingi siswanya.

Kapten Inf Yoel Sri Liga, Kasi CIMIC Indobatt, selaku motor dari kegitan Dental Campaign tersebut, mengatakan bahwa kegiatan ini di lakukan sebagai rasa kepedulian kami terhadap isu kesehatan khususnya kesehatan anak-anak di Lebanon, sehingga keberadaan kami disini bukan membuat takut masyarakat lokal khususnya anak-anak namun kami berharap kehadiran kami selalu dinantikan oleh anak-anak Lebanon.

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.