Jakarta. Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak di perbatasan, Satgas Yonif Raider 509 Kostrad beranjangsana dan bagikan buku di rumah warga. Hal ini disebabkan para siswa libur sekolah dan masih dalam antisipasi penyebaran virus Covid-19, sehingga para prajurit  berinisiatif untuk beranjangsana dan membagikan buku kerumah-rumah warga di Kampung Warlef Distrik Senggi Kab. Keerom. Papua. Minggu (21/6).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Letda Inf Indra Dasilva Pasiter Satgas Yonif Raider 509 Kostrad beserta 4 orang anggota. Ia menuturkan bahwa pihaknya peduli akan generasi muda di perbatasan khususnya dalam bidang pendidikan. “Kami berusaha membagikan buku dari rumah kerumah untuk sekolah nanti, mengingat wabah Covid-19 masih merebak. Anak-anak diperbatasan juga libur sekolah hingga tahun ajaran baru, sehingga kita sebagai TNI merasa terpanggil untuk peduli membagikan buku tulis kepada anak-anak diperbatasan untuk belajar di sekolah nantinya”, ujar Pasiter.

Semenjak wabah Covid-19 melanda di Indonesia, seluruh kegiatan belajar mengajar di Indonesia juga diliburkan sampai libur sekolah sekarang, hal ini sebagai antisipasi agar virus tersebut tidak melebar ke daerah-daerah khususnya di perbatasan.

“Semoga wabah ini dapat selesai dengan cepat, sehingga anak-anak bisa melakukan aktifitas belajar lagi disekolah-sekolah jika sudah masuk tahun ajaran baru”, imbuh Pasiter.

Ibu Yuli (52) salah satu warga setempat, sangat berterima kasih dan bangga akan hadirnya Satgas Yonif Raider 509 Kostrad. “Bapak-bapak TNI di Pos Kotis sangat peduli akan generasi muda kami di Kampung Warlef walaupun sekolah libur, mereka tetap datang membagikan buku tulis dari rumah ke rumah”.

“Semoga apa yang dilakukan oleh prajurit TNI ini dapat menjadi contoh yang lainnya, dan menjadi contoh generasi muda di kampung kami untuk lebih semangat dalam belajar”, tutupnya.

Dilain tempat, Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., PSc mengatakan bahwa personel Satgas Pamtas selain bertugas menjaga pengamanan perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain diantaranya Pembinaan Teritorial (Binter) kepada masyarakat perbatasan terutama bidang pendidikan agar tercipta generasi yang cerdas dan handal bagi generasi penerus bangsa terutama untuk membangun daerah perbatasan. (Penkostrad).