(Penkostrad. Selasa, 9 Juli 2019). Mengolah kebun adalah salah satu mata pencaharian masyarakat untuk menghidupi kebutuhan hidup sehari-hari, namun gangguan hewan liar yang merusak tanaman menjadi salah satu kerugian yang dialami oleh masyarakat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328 Kostrad membantu membuatkan pondok di kebun Bapak Yopi warga Kampung Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Jayapura. Senin (08/07).

Disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif PR 328 Kostrad, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) pembuatan pondok dilakukan oleh personel Satgas Pos Ramil Muara Tami setelah melihat sebagian kebun Bapak Yopi rusak.

“Saat melaksanakan anjangsana, Bapak Yopi menceritakan bahwa hasil kebunnya kebanyakan rusak akibat hewan liar, personel berinisiatif untuk membuatkan pondok dimana Bapak Yopi dapat menjaga kebunnya dari gangguan hewan liar,” ujar Mayor Inf  Erwin.

Berbekal dengan kayu dan seng milik Bapak Yopi, personel Satgas mulai membuat pondok jaga, dengan dibantu warga sekitar pembangunan pondok berlangsung selama 2-3 hari, setelah jadi pondok juga bisa dapat digunakan oleh warga untuk beristirahat setelah berkebun.

Sementara itu, Bapak Yopi mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan dari Satgas. “Saya merasa sangat terbantu dengan kehadiran Satgas disini, sebelumnya hasil kebun saya tidak maksimal karena dirusak sama hewan liar (babi hutan) oleh karena itu, dengan dibangunkan pondok oleh Satgas, kini warga dapat membantu menjaga kebun disini.” Pungkas Bapak Yopi.