(Penkostrad. Rabu, 29 Januari 2020).  Selain melaksanakan tugas pokok sebagai prajurit pengamanan perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas juga melaksanakan fungsi di bidang pendidikan yaitu sebagai tenaga pendidik guna membantu keterbatasan guru di sekolah khususnya di wilayah perbatasan. Hal tersebut dilakukan oleh personel Pos Bompay Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad dengan melaksanakan kegiatan mengajar di SMP Satu Atap Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua. Senin (27/1).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Sertu Ferdiana beserta empat orang anggota, mereka memberikan materi PBB  untuk meningkatkan semangat belajar para murid SMP Satu Atap Bompay.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad, Letkol Inf Wira Muharommah S.H. Psc., di Pos Kotis Senggi Kerom Papua mengatakan bahwa kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh Personel Pos Bompay adalah hasil kerjasama antara TNI AD dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dituangkan dalam perjanjian kerjasama mengenai perbantuan dalam kegiatan pengajaran di daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

Lebih Lanjut Letkol Inf Wira mengatakan kegiatan belajar mengajar tidak hanya berfokus pada pagi hari saja, namun juga malam hari seperti yang dilakukan di beberapa Pos Satgas sebagai tambahan pembelajaran untuk menambah ilmu khususnya yang masih duduk di bangku sekolah.

“Kegiatan seperti ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi kita semua guna meningkatkan kualitas pendidikan terhadap anak-anak di wilayah perbatasan,” tegas Wira.

Kegiatan tersebut mendapatkan antusias dari Guru SMP Satu Atap Bompay Alfian (34) mewakili para guru sangat berterimakasih atas peran aktif TNI dalam membantu mengajar di sekolahnya.