403 Forbidden

Request forbidden by administrative rules.

(Penkostrad. Jumat, 3 Januari 2020).  Salah satu wujud kepedulian Satgas terhadap kesehatan masyarakat di perbatasan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Pos Kout kembali menggelar kegiatan pengobatan dan khitanan door to door dengan tema “509 Peduli Kesehatan Masyarakat” kepada warga di wilayah PIR IV Kampung Wonorejo, Distrik Arso Timur, Kab. Keerom, Papua. Selasa (31/12).

Wadan Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Kapten Inf Rhetorica Tiertha Amandica, S.IP mengatakan bahwa Tim Kesehatan tersebut selain melakukan pengobatan juga melakukan khitanan kepada tiga orang anak-anak yakni Muh. Rizky Andriani, Dimas Bagus I.W. dan Rizky Candra K, mereka semua dari warga kampung tersebut yang berjarak 15 Km dari pusat Distrik Arso, Kab. Keerom.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Satgas terhadap masyarakat PIR IV Kampung Wonorejo yang ingin berobat dan melaksanakan khitanan secara gratis,” ujarnya.

Kegiatan pengobatan dan khitanan ini dimulai dengan anjangsana mendatangi rumah-rumah warga yang mengalami sakit. Masyarakat sangat antusias melihat kedatangan tim kesehatan dari Pos Kout yang dipimpin oleh Serka Mei beserta 5 orang anggota.

“Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang berada di Pos Kout selalu ikut ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan. Setiap kegiatan patroli keamanan di sekitar PIR IV Kampung Wonorejo selalu disertakan personil kesehatan untuk memberikan pelayanan pengobatan keliling dari rumah ke rumah,” ujar Retho.

“Senyum ceria dan dapat beraktifitas kembali dari warga masyarakat yang kembali sehat dengan pelayanan kesehatan keliling sangat kita harapkan. Semoga seluruh warga Arso Timur khususnya Kampung Wonorejo merasa terbantu dengan kehadiran Satgas Yonif Raider 509 Kostrad,” imbuhnya.

Hal ini mendapat respon positif dari Titin (43), Rita (44) dan Asih lestari (45) orang tua dari ketiga anak yang dikhitan. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad yang sudah peduli terhadap kesehatan warga dikampungnya.

Dilain tempat, Komandan Satuan tugas (Dansatgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah memberikan apresiasi terhadap Pos Kout saat memberikan Jam Komandan di jajaran Pos Darat.

“Disamping melaksanakan tugas pokok sebagai Satgas Pamtas RI-PNG dalam menjaga tapal batas, Satgas juga memiliki tugas lain dibidang Sosial. Salah satu contohnya berupa kepedulian terhadap kesehatan masyarakat,” ujarnya.

“Kegiatan yang dilakukan oleh personel Pos Kout merupakan salah satu wujud kepedulian kita terhadap masyarakat, dengan adanya kegiatan pelayanan kesehatan yang langsung turun kerumah warga diharapkan masyarakat merasa terbantu dengan kehadiran anggota kami,” imbuhnya.

403 Forbidden

Request forbidden by administrative rules.