(Penkostrad. Selasa, 3 Oktober 2017). Dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI, Yonif Raider 514 Kostrad bekerjasama dengan Polres Bondowoso dan Unit POM Bondowoso melaksanakan operasi gabungan pemeriksaan lalu lintas di jalan Perintis, Kelurahan Badean, Kecamatan Kota Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Jawa Timur.

Sebanyak sebelas orang dikerahkan pada operasi gabungan ini. Yonif Raider 514 Kostrad sendiri mengikutsertakan tiga orang prajuritnya yang dipimpin oleh Komandan Regu Provost, Serda Bambang Susiono.

Operasi gabungan ini ditujukan kepada semua kalangan, baik masyarakat umum maupun anggota TNI dan Polri. Jadi jika ada pelanggar dari TNI, maka diperiksa Unit POM Bondowoso, sedangkan pelanggar Polisi atau masyarakat umum akan ditangani oleh Propam Polres Bondowoso.

Sementara itu, Komandan Unit POM Bondowoso, Pelda An Asma’i Hadi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka-angka pelanggaran, baik pidana maupun disiplin yang dilakukan anggota TNI, Polri dan masyarakat.

Tidak hanya pemeriksaan administrasi saja, pada operasi gabungan ini juga dilakukan penertiban atribut TNI. “Kami melepas sticker yang menempel pada kendaraan yang bukan semestinya dipasang  atribut TNI”, ucap Hadi.

Dari hasil pemeriksaan ini, hanya ditemukan beberapa kendaraan yang masih terpasang atribut TNI, tidak ada pelanggaran berat yang dilakukan oleh pengendara. “Hal ini yang kita harapkan, ini membuktikan bahwa masyarakat Bondowoso taat dan sadar hukum, baik anggota TNI, Polisi maupun masyarakat sipil”, tegas Pelda An Asma’i Hadi.