(Penkostrad. Selasa, 2 Mei 2017). Detasemen Peralatan (Denpal) Divif 2 Kostrad menyelenggarakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik  1 TA. 2017, yang dilaksanakan di lapangan Sapta Marga Madivif 2 Kostrad Singosari, Malang, Jawa Timur, diikuti oleh seluruh prajurit Denpal Divif 2 Kostrad, sehingga dapat memaksimalkan kehadiran dan akumulasi data prajurit dalam mengikuti tes Garjas.

Seperti yang dikatakan oleh Komandan Detasemen Peralatan ( Dandenpal ) Divif 2 Letkol Cpl Ahmad Rasli, S.T. bahwa kebugaran setiap prajurit Denpal Divif 2 Kostrad pada kegiatan ini diuji dan dilihat sampai ujung batas kemampuannya, sehingga satuan dapat memperoleh suatu data yang berkaitan dengan pola pembinaan yang diterapkan.

Kemampuan setiap prajurit sangatlah berbeda dalam hal pencapaian tingkat kebugaran. Maka dari itu harus disadari bahwa untuk mempertahankan apalagi meningkatkan nilai Garjas disertai dengan latihan secara rutin dan terukur. Beberapa materi Garjas yang harus dilaksanakan meliputi Garjas A yaitu lari sejauh 3200 meter, Garjas B yaitu Pull Up,Sit Up, Push Up,Shuttle Run, serta Garjas C yaitu renang jarak 50 m.

Pelaksanaan tes kesegaran jasmani dapat berjalan dengan tertib dan aman, ini dikarenakan setiap prajurit Denpal Divif 2 Kostrad sudah terbiasa dan menyadari akan aturan-aturan yang disampaikan oleh tim penyelenggara. Kebanggan tersendiri apabila telah mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan komando atas, itu semua berkat pembinaan yang rutin dan teratur serta telah diukur kemampuan setiap prajurit. Tidaklah mungkin mendapatkan hasil yang baik tanpa latihan yang terprogram, ibarat pisau yang terawat sehingga terjaga ketajamannya.