(Penkostrad. Selasa, 5 Mei 2020). Dalam rangka memperingati HUT Divif 2 Kostrad yang ke-59, Divisi Infanteri 2 Kostrad menggelar acara bakti sosial donor darah yang dilaksanakan di Gedung Sandoyo Madivif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Senin (4/5).

Sebanyak 85 peserta prajurit Satjar Divif 2 Kostrad antara lain dari Yonarmed 1 Divif 2 Kostrad, Denpal Divif 2 Kostrad, Denhub Divif 2 Kostrad, Ajen Divif 2 Kostrad serta Denpom Divif 2 Kostrad mengikuti kegiatan donor darah tersebut.

Selain dalam rangka peringati HUT ke-59 Divif 2 Kostrad, kegiatan bakti sosial donor darah ini juga sebagai wujud nyata partisipasi Divif 2 Kostrad dalam mewujudkan kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah sehat ditengah pandemi virus Corona Covid 19.

Sebelum melaksanakan donor darah, para peserta beberapa waktu yang lalu telah melakukan pemeriksaan Rapit Test Covid 19. Hal ini menjamin seluruh peserta donor darah aman dari berbagai penyakit menular khususnya virus corona.

Dengan tetap menerapkan pola social distancing seperti yang diserukan pemerintah untuk bersama-sama memutus penyebaran Covid 19, kegiatan bakti sosial donor darah dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

Tidak hanya 85 peserta yang telah terdaftar, tampak terlihat Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad Kolonel Inf Tjaturputra Gunadi Genah, S. Sos., M.M., M.Tr.(Han) beserta para Asisten Kasdivif 2 Kostrad ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan donor darah.

Sementara itu, Pangdivif 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr. (Han), menyampaikan dari aspek kemanusiaan, kegiatan ini mengandung makna sebagai wujud kesetiakawanan sosial, rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap warga masyarakat yang membutuhkan bantuan donor darah.

“Harus kita sadari  bersama, bahwa permasalahan kesehatan termasuk donor darah ini bukan semata-mata permasalahan yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah khususnya Palang Merah Indonesia saja, tetapi merupakan permasalahan yang perlu diselesaikan secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya.

“Sedangkan dilihat dari aspek kesehatan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membantu kesehatan seseorang yang membutuhkan donor darah kita, karena seperti yang kita ketahui bahwa, setetes darah yang kita sumbangkan akan menolong “nyawa” seseorang yang sangat membutuhkan darah kita,” pungkas Pangdivif 2 Kostrad.